Blimbing, (malangkota.go.id) – Sukses meraih predikat sebagai Kelurahan Berseri Madya tahun 2018, Kelurahan Purwantoro semakin bersemangat mewujudkan cita-cita menuju Kelurahan Berseri Mandiri. Kehadiran dewan juri lomba Kampung Berseri dari Provinsi Jawa Timur semakin membuat kelurahan terbesar di Kota Malang ini optimis, Selasa (7/6/2022).

Juri Lomba Kelurahan Berseri melakukan penilaian lapangan

Lurah Purwantoro Dwi Cahyono, ST., MT mengungkapkan warga Kelurahan Purwantoro memiliki kebersamaan yang tinggi dalam membangun dan mencintai lingkungan sepenuh hati. Banyak kegiatan di kampung-kampung ini membuat pihaknya optimis di tahun 2022 Purwantoro meraih prestasi Kelurahan Berseri Mandiri.

“Kelurahan Purwantoro adalah kelurahan terbesar di Kota Malang yang memiliki 24 RW dan 158 RT dengan penduduk 30.106 jiwa. Kampung ini sangat kompak dan guyub dalam membangun,” jelas Dwi, panggilan akrab Dwi Cahyono.

Sebagai lurah, Dwi menyebutkan sangat terbantu dengan peran ketua RT/RW dan warganya dalam menjalankan pembangunan. Termasuk saat ini ketika akan menghadapi penjurian lomba Kelurahan Berseri 2022, Kelurahan Purwantoro sudah sangat siap.

Banyak partisipasi warga yang ada di Kelurahan Purwantoro, di antaranya Bank Sampah, TP PKK, Kader Konservasi Air, dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Purwantoro juga memiliki Kampung Glintung Culture Konservasi Air di RW 13, Kampung Biogas dan Gapoktan RW 15, Kampung Akuarium dan Lampion di RW 5, Kampung Ciliwung Berseri di RW 7, Kelurahan Siaga, Kelurahan Tangguh, dan lain-lain.

Sementara itu, Ketua Kader Lingkungan Purwantoro Ageng Wijaya juga optimis tahun ini daerahnya bisa mewujudkan keinginan meraih prestasi Kelurahan Berseri Mandiri. Hal ini tidak lepas dari kekompakan semua pihak bersama pemerintah menyayangi dan selalu merawat lingkungan.

“Banyak potensi masyarakat ada di Kelurahan Purwantoro. Itu membuat kami optimis bisa mewujudkan Purwantoro sebagai Kelurahan Berseri Mandiri,” tegas Ageng.

Ketua Tim Juri Kampung Berseri Tingkat Jawa Timur Teguh Prayitno mengatakan, pihaknya datang ke Purwantoro bukan sekadar melakukan penilaian. Ia ingin mencocokan apa yang sudah diajukan dalam persyaratan lomba dengan kenyataan yang ada di lapangan.

“Termasuk kami ingin melihat bagaimana kepedulian masyarakat di Kelurahan Purwantoro dalam berperan serta menjaga lingkungan,” kata Teguh.

Pria yang juga merupakan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur ini mengakui Kota Malang memang sebagai kota yang banyak memiliki prestasi. Ia ingin di dalam lomba Kelurahan Berseri ini Kota Malang bisa meraih prestasi sebagai Kelurahan Mandiri sebelum melangkah menjadi Kelurahan Mandiri Pembina. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content