Malang, (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Malang di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Senin (15/8/2022). Sebanyak 75 orang anggota Paskibraka Kota Malang yang dikukuhkan akan bertugas pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, 17 Agustus 2022 di halaman Balai Kota Malang.

Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Malang di Ruang Sidang Balai Kota Malang

Wali Kota Sutiaji menyampaikan selamat kepada para anggota dan orang tua anggota Paskibraka. “Hari ini dikukuhkan, ada beberapa prosesi karena ini panduan dari paskibraka mulai dari tingkat kota hingga pusat. Dikukuhkan, ditanamkan nilai-nilai juang, nilai-nilai patriotismenya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sutiaji berpesan agar paskibraka tidak hanya tentang mengibarkan bendera merah putih, tapi juga melestarikan nilai-nilai juang 45 dan menguatkan bagaimana jiwa nasionalisme tertancap dalam benak masing-masing. Menurutnya, menjadi bagian dari paskibraka adalah sebuah panggilan sekaligus sebuah kebanggaan.

“Kita sadar bahwa kita ada di bumi pertiwi, berikrar bahwa jiwa kita adalah jiwa Indonesia dirajut dengan kebinekaan yang luar biasa. Kita tanamkan nilai-nilai persatuan, kita kuatkan nilai-nilai kemanusiaan. Golnya adalah bagaimana keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tercapai,” katanya.

Menurutnya, kemerdekaan yang saat ini dirasakan merupakan hasil dari perjuangan yang amat panjang para pendahulu. Termasuk dalam mengibarkan bendera merah putih yang juga membutuhkan banyak pengorbanan. Sehingga ia mengajak untuk mengibarkan dan mengobarkan semangat nilai-nilai juang dalam mengisi kemerdekaan.

“Di balik tegapnya langkah dan lurusnya pandangan, ada latihan yang keras, ada peluh dari jiwa dan raga yang sungguh-sungguh. Ada orang tua yang bangga, ada nusa bangsa yang terjaga karena generasi mudanya siap memimpin dengan berbekal mental yang disiplin,” tambahnya.

Paskibraka Kota Malang yang dikukuhkan telah berlatih dan memperoleh pembinaan mulai dari fisik, teori, sikap dan etika selama 6 bulan terakhir. Memasuki bulan Agustus mereka menjalani pelatihan intensif atau setiap hari. Di mana sebelumnya mereka telah menjalani berbagai pelatihan sejak bulan Maret 2022.

Melalui seleksi yang ketat, anggota Paskibraka Kota Malang dipilih dari pelajar SMA dan SMK se-Kota Malang yang duduk di kelas 10 dan 11. Formasi 17-8-45 akan digunakan dalam upacara peringatan HUT ke-77 RI di halaman Balai Kota Malang, 17 Agustus 2022. Selain Paskibraka Kota Malang, nantinya empat orang dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Polri juga bertugas sebagai pasukan pengawal. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content