Malang, (malangkota.go.id) – Sebagai tindak lanjut kepedulian pemerintah terhadap korban tragedi Kanjuruhan, Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini kembali menyerahkan bantuan sosial pada Jumat 28 Oktober 2022. Pada penyerahan bantuan yang dilakukan di Kantor Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang ini Menteri Risma juga menyalurkan bantuan yang berasal dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mendampingi Menteri Sosial, Tri Rismaharini salurkan bansos 

Disampaikan perempuan mantan Wali Kota Surabaya itu bahwa semua bantuan selama ini murni wujud kepedulian pemerintah dan bukan sebagai pengganti dari anggota keluarga yang meninggal dunia atau hal lain. “Jadi dari bantuan ini jangan sampai disalahartikan dengan hal-hal negatif,” tegasnya.

Pada momen ini penerima bantuan sebanyak 55 orang yang terdiri dari keluarga korban dan korban tragedi Kanjuruhan. Hingga saat ini, ditambahkan Mensos Risma, total bantuan yang disalurkan sebanyak 135. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Malang Raya, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan Gresik.

“Bagi korban luka atau yang menjalani perawatan dan belum terdata hendaknya melapor ke pemda setempat. Begitu juga bagi keluarga korban yang meninggal dunia, karena semua biaya yang dikeluarkan secara pribadi selama ini akan diganti,” imbuh Risma.

Dikatakan Menteri Risma, pihaknya juga masih terus melakukan pendataan dan menyalurkan bantuan bagi kalangan tertentu. Seperti korban yang membutuhkan biaya pendidikan dan kepala keluarga atau tulang punggung kekuarga yang meninggal dunia.

Usai menyalurkan bantuan, Risma menyampaikan turut berbela sungkawa yang mendalam bagi para keluarga korban. Pihaknya juga berharap tragedi serupa tidak terjadi lagi di Indonesia dan bahkan di dunia.

Pernyataan senada disampaikan Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko yang saat itu mendampingi Mensos Risma. “Perhatian pemerintah, khususnya pemerintah pusat sangat luar biasa dan kami ucapkan banyak terima kasih. Selain juga menyalurkan bansos, kami dari Pemkot Malang juga akan mengawal berbagai bantuan ini,” ungkapnya.

Lebih jauh pria yang kerab disapa Bung Edi itu menyampaikan, bahwa masyarakat yang menjadi korban tragedi Kanjuruhan maupun keluarga atau ahli waris tidak perlu khawatir dan resah. “Apapun yang dibutuhkan, seperti terkait biaya dan pendampingan oleh tim trauma healing akan dilakukan dengan baik,” pungkasnya. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content