Berita Ekonomi-Bisnis

Bersama Mendag, Wali Kota Malang Komitmen Dukung UMKM Lokal

Malang, (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menyambut kedatangan Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia, Dr. (HC) Zulkifli Hasan dalam acara silaturahmi Kementerian Perdagangan dengan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Grand Mercure Malang, Jumat (28/10/2022).

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menegaskan pentingnya posisi UMKM dalam mendorong ekonomi daerah

Wali Kota Sutiaji menegaskan pentingnya posisi UMKM dalam mendorong ekonomi daerah. Menurutnya, geliat UMKM di Kota Malang ini terus berkembang secara luar biasa. Sempat terkontraksi hingga -2,26%, Sutiaji menyebutkan bahwa UMKM membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Malang pascapandemi.

“Maka mulai dari itu kami gerakkan UMKM untuk mulai melek teknologi, e-commerce kita kuatkan, sehingga pelan tapi pasti geliat ekonomi terus menggeliat,” terangnya.

Akan tetapi, Sutiaji juga menyampaikan bahwa dalam geliat UMKM ini masih menyimpan beberapa masalah yang perlu segera ditemukan solusinya. Di antaranya konsistensi akan kualitas dari produk UMKM itu sendiri, serta proses pemasaran yang masih belum maksimal.

Maka dari itu, ia juga menambahkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus berkomitmen untuk mendukung UMKM. Menurutnya, sektor UMKM ini lah yang nantinya akan menguasai ekonomi dunia.

“Untuk itu penguatan literasi terutama yang berkaitan dengan produksi terus dikuatkan. Nantinya juga akan diadakan kolaborasi sehingga teman-teman UMKM ini nanti kita kuatkan, bagaimana branding, connecting, dan quality control-nya nanti kita kawal bersama,” tambahnya lagi.

Sejalan dengan Sutiaji, Mendagri Zulkifli Hasan juga menyebutkan bahwa UMKM adalah pahlawan ekonomi bagi Indonesia. Ia juga menilai bahwa UMKM berperan besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dan mampu mengantarkan Indonesia menjadi negara maju.

Maka dari itu, Zulkifli menambahkan, kolaborasi dari berbagai pihak sangat penting untuk dilakukan demi meningkatkan perkembangan UMKM. Menurutnya penting untuk membentuk sinergi yang positif antara UMKM lokal dengan modernitas seperti ritel modern dan juga e-commerce.

“Hal ini justru bisa membentuk sebuah hubungan simbiosis yang baik, di mana UMKM bisa berkembang, sementara ritel modern dan e-commerce juga bisa bertambah besar,” tambahnya. (ayu/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content