Berita Sosial dan Kesra

Pemkot Malang Rangkul Hufaz Perkuat Generasi Bermartabat

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kota Malang menggelar Fasilitasi Pengelolaan Bina Mental Spiritual bertajuk ‘Pembinaan dan Herregistrasi Huffadz Kota Malang Tahun 2023’ di Hotel Pelangi Kota Malang, Selasa (31/1/2022).

Kepala Bagian Kesra dan Kemasyarakatan Setda Kota Malang,  Achmad Mabrur (dua dari kiri) memberikan motivasi pada  hufaz agar membumikan pendidikan hafalan Al-Quran pada generasi Kota Malang

Kepala Bagian Kesra dan Kemasyarakatan Setda Kota Malang, Drs. R. Achmad Mabrur menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menguatkan silaturahmi, memberikan motivasi dan semangat kepada hufaz dalam membumikan pendidikan hafalan Al-Qur’an kepada generasi Kota Malang.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini yang pertama adalah silaturahmi antar para pengajar hafalan Al-Qur’an secara internal, karena mereka tersebar di wilayah Kota Malang. Selain itu adalah untuk bisa saling mengenal serta bersilaturahmi dengan Bapak Wali Kota Malang. Alhamdulillah tahun sebelumnya ada 98 orang, dan sekarang sudah berjumlah 105 orang penghafal Al-Qur’an,” jelas Mabrur saat ditemui seusai kegiatan.

Tujuan yang kedua, dijelaskannya bahwa kegiatan ini adalah bagian dari pembinaan dari Pemkot Malang untuk memberikan motivasi kepada para hufaz agar semakin semangat dalam mengajarkan Al-Qur’an.

“Yang ketiga adalah untuk verifikasi terkait eksistensi dari para pengajar dan juga untuk evaluasi apa masih aktif. Di samping itu juga sebagai ajang koordinasi bersama, yang pertama tadi adalah ada sebuah kegiatan muzakarah, kajian keilmuan. Lalu menyusun sebuah rencana terkait sebuah pertemuan rutin yang digagas dari mereka sendiri. Untuk evaluasi-evaluasi terkait apa yang sudah mereka ajarkan kepada para penghafal-penghafal yang ada di Kota Malang,” urai Mabrur.

Pemkot Malang saat ini telah mencanangkan pendidikan karakter, namun itu pun masih belum cukup karena perlu dukungan dari semua pihak, termasuk hufaz yang ada di Kota Malang.

“Harapannya semangat para hufaz Kota Malang terus digelorakan dan dikuatkan agar pembelajaran Al-Qur’an di Kota Malang dapat semakin membumi,” harapnya.

Mabrur mengatakan forum ini juga menjadi sebuah kesempatan bagi para hufaz untuk dapat saling tukar informasi terkait metode pembelajaran yang lebih baik, sehingga para peserta didik bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan kualitasnya semakin meningkat.

Sementara itu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji yang hadir secara virtual mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas partisipasi yang luar biasa dari para hufaz yang telah mendidik generasi di Kota Malang melalui pendidikan hafalan Al-Qur’an.

“Luar biasa yang panjenengan semua lakukan melalui pembelajaran hafalan Al-Qur’an kepada generasi di Kota Malang. Mudah-mudahan ke depan semakin banyak generasi yang menjadikan Al-Qura’n sebagai pijakan dalam langkah dan gerak dalam segala lini kehidupan,” tuturnya.

Wali Kota Malang pun berharap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang dapat terealilasi sehingga perhatian terhadap kesejahteraan hufaz yang selama ini telah diberikan Pemkot Malang dapat ditingkatkan. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content