Berita Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Warga Kebonsari Budidaya Ikan Nila Manfaatkan Saluran Irigasi

Sukun (malangkota.go.id) – Warga RW 1 Kelurahan Kebonsari Kecamatan Sukun Kota Malang memiliki kreativitas yang menarik dengan memanfaatkan aliran irigasi di wilayah RT 4 dan RT 09 untuk budi daya ikan nila.

Sunardi, warga RT 4, RW 1 Kelurahan Kebonsari mengungkapkan sebelum digunakan warga untuk budi daya ikan nila, irigasi yang ada di RW 1 sangat kotor dan tidak terawat.

“Setelah irigasi kami buat budi daya ikan nila, dampaknya ternyata positif, sebab warga menjadi semakin giat untuk membersihkan sungai agar ikan nila yang dipelihara bisa sehat,” jelas Sunardi, Selasa (14/2/2023).

Dari budi daya ikan nila itu warga juga semakin intens berkomunikasi agar mendapatkan yang terbaik untuk menjaga lingkungan sekitar. Dari kegiatan itu, diungkapkan Sunardi akhirnya saat ini bisa menjadi gerakan bersih sungai, ikan sejahtera, petani bahagia.

Setelah lokasi irigasi menjadi bersih, saat ini hampir setiap hari warga sekitar dan juga pendatang asik bermain di kawasan saluran irigasi. Entah hanya untuk sekedar melepas lelah, atau juga mengajak anak cucunya bermain.

Melihat perkembangan yang bagus ini, Sunardi menambahkan ke depan di kawasan ini juga akan dilengkapi dengan Pasar Minggu. Saat ini prosesnya sedang dikomunikasikan dengan Kelurahan Kebonsari untuk terus dikembangkan.

“Disepanjang aliran irigasi kami berencana untuk melakukan pavingisasi agar saat digunakan untuk Pasar Minggu ataupun jalan-jalan tidak becek ataupun berdebu,” kata Sunardi. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content