Artikel Kuliner

Cwie Mie Isor Uwit, Sajian Mie Otentik Khas Malang

Klojen (malangkota.go.id) – Mengenal Kota Malang rasanya belum pas jika tidak mengenal kuliner khasnya. Selama ini orang-orang mungkin lebih mengenal bakso atau rawon sebagai makanan khas Kota Malang. Lantas, bagaimana dengan cwie mie?

Cwie Mie Isor Uwit di  Jl. Guntur Kota Malang

Kuliner cwie mie sendiri dikenal masyarakat sebagai menu mie khas Kota Malang. Meski terbilang mirip, akan tetapi konsepnya sedikit berbeda dengan menu mie ayam khas Solo atau Wonogiri-an yang menyajikan mie dengan siraman ayam berbumbu. Sementara cwie mie Malang biasanya disajikan kering dengan taburan ayam rebus di atas mie-nya.

Salah satu warung cwie mie yang dikenal masyarakat adalah Warung Cwie Mie Isor Uwit, yang sudah berdiri sejak tahun 1980. Ririn, pemilik warung, menuturkan warung cwie mie ini dulunya didirikan oleh ayahnya, Pak Sai di depan Pasar Oro-oro Dowo. Usaha tersebut dirintis ayahnya mulai dari gerobak hingga sekarang menetap di Jl. Guntur Kota Malang.

“Setelah Bapak berjualan di Pasar Oro-Oro Dowo, sempat juga pindah beberapa kali di depan sekolah Frateran, kemudian Jl. Bromo hingga sekarang kami di sini,” bebernya.

Menurut Ririn, usaha cwie mienya bisa terus bertahan dan melegenda karena masih menyajikan cita rasa tradisional yang otentik dalam setiap mangkuk mie. Semua bahan disiapkan sendiri guna menjaga ciri khas dan cita rasanya.

“Yang berbeda dari kami itu mie yang kami gunakan. Teksturnya berbeda karena mie-nya lebih kecil dan tipis dibanding dengan kebanyakan di Malang. Jadi itu menjadi ciri khas kami,” ujarnya.

Cwie Mie Isor Uwit menyajikan tiga varian menu, yaitu cwie mie biasa tanpa topping, cwie mie bakso dan cwie mie istimewa dengan tambahan topping hati ampela. Ditambahkan Ririn, ini lah yang menarik dari Cwie Mie Isor Uwit, karena menjadi pelopor menu cwie mie dengan tambahan topping hati ampela.

Semangkuk Cwie Mie Isor Uwit dibanderol dengan harga Rp12.000,-. Sementara untuk cwie mie dengan tambahan topping bakso dan hati ampela, harganya Rp17.000,-. Warung Cwie Mie Isor Uwit ini beralamat di Jl. Guntur No. 21 Klojen dengan jam buka mulai dari pukul 10.00 WIB – 21.00 WIB. (iu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content