Berita Pelayanan Publik

Tukar Uang Baru, Warga Serbu Mobil Kas Keliling BI Malang di Rampal

Klojen (malangkota.go.id) – Layanan penukaran uang baru melalui mobil kas keliling Bank Indonesia Malang di kawasan Lapangan Rampal Kota Malang mulai diserbu masyarakat, Selasa (28/3/2023).

Layanan penukaran uang baru melalui mobil kas keliling Bank Indonesia Malang di kawasan Lapangan Rampal

Layanan penukaran uang baru bagi masyarakat sudah dibuka Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang bekerja sama dengan Perbankan sejak kick off SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri) 2023 tanggal 27 Maret 2023 hingga 19 April 2023 di 109 titik lokasi yang tersebar di wilayah kerja BI Malang.

Salah satu warga yang menukarkan uang baru, Iik Rusdianti mengungkapkan senang akhirnya bisa menukarkan uang baru pecahan Rp2.000,-, Rp5.000,- dan 10.000,- di mobil keliling BI untuk persiapan Lebaran. “Alhamdulilah tidak perlu antre lama saya bisa menukarkan uang Rp3,7 juta,” terang Iik.

Iik mengatakan sengaja datang jauh-jauh dari Gondanglegi ke Lapangan Rampal untuk menukar uang baru sebagai persiapan menyambut Lebaran. Jadi uang baru ini nanti akan dibagikan untuk uang saku bagi anak-anak.

“Saya tahu program layanan uang baru di Rampal ini dengan memantau lewat aplikasi PINTAR BI. Tidak sampai 10 menit saya antre di sini, sudah dilayani dengan baik oleh BI,” jelasnya lagi.

Iik mengatakan untuk penukaran uang baru di mobil keliling BI, persyaratannya sederhana yaitu membawa KTP, bukti booking antrean di aplikasi dan juga uang yang mau ditukarkan. Jumlah yang bisa ditukarkan di mobil keliling BI di Lapangan Rampal maksimal senilai Rp3,7 juta tiap orang.

Iik mengaku bersyukur pada kesempatan ini bisa menukarkan uang baru, sebab selain antreannya panjang, untuk menukarkan uang juga harus antre melalui aplikasi. Pasalnya jika hanya datang saja ke lokasi dan tidak memilki aplikasi tentu tidak bisa menukarkan uang.

Berbeda dengan Iik Rusdianti, Zainal, warga Sawojajar mengaku kecewa tidak bisa menukar uang di layanan penukaran uang BI di Lapangan Rampal lantaran belum memiliki aplikasi PINTAR.

“Saya tidak punya aplikasi untuk menukar uang melalui layanan BI. Makanya hari ini sudah ikut antre tetap tidak bisa menukar uang di sini meski sudah membawa uang tunai,” kata Zainal.

Dari kenyataan ini Zainal mengaku di lain hari akan menukarkan uang baru di mobil layanan keliling BI Malang dengan menginstal aplikasi PINTAR terlebih dahulu agar bisa dilayani untuk penukaran uang baru. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content