Malang (malangkota.go.id) – Hingga saat ini Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang telah memasang 802 peralatan pajak eletronik (e-Tax) di kafe dan restoran. Dari e-Tax yang terkoneksi dengan sistem di Bapenda ini terdeteksi sejumlah pemilik usaha terindikasi melakukan penggelapan pajak dengan memainkan e-Tax yaitu dengan mempunyai dua akun.

Kepala Bapenda Kota Malang Handi Priyanto bersama petugas gabungan saat melakukan inspeksi

Dari kecurigaan ini personel Bapenda bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Timur melakukan inspeksi pada Sabtu malam (8/4/2023) hingga Minggu dini hari (9/4/2023). Dari lima kafe dan restoran yang disasar, ternyata dugaan petugas benar adanya. Para pemilik usaha ini hanya melaporkan sebagian kecil transaksi yang melalui e-Tax, sehingga pajak yang disetorkan ke Bapenda tidak sesuai.

Kepala Bapenda Kota Malang, Dr. Handi Priyanto, AP, M.Si di sela-sela inspeksi mengungkapkan dari temuan ini ada dugaan penggelapan pajak kafe dan resto lebih dari dua miliar rupiah. Atas pelanggaran ini para pemilik usaha dikenakan sanksi denda empat kali lipat dari pajak yang tidak dibayarkan. “Jika tidak dibayar maka terancam hukuman penjara dua tahun dan usahanya akan ditutup sementara,” tegasnya.

“Ini dalam rangka menyelamatkan pajak resto yang dibayarkan oleh masyarakat. Jadi pajak resto itu bukan uang yang dikeluarkan oleh pemilik resto, sama sekali tidak. itu uang yang dibayarkan oleh pengunjung, oleh kita kalau makan di resto itu dicas sebesar sepuluh persen. Artinya itu, uang kita yang dititipkan di pemilik resto untuk diserahkan ke kas daerah,” jelas pria berkacamata itu.

Inspeksi seperti ini, dikatakan Handi akan terus dilakukan pihak Bapenda untuk menyelamatkan uang negara serta memenuhi target pajak dari sektor cafe dan restoran sebesar Rp150 miliar pada tahun ini. Bapenda pun mengimbau wajib pajak atau pemilik usaha agar berperilaku jujur, karena para pelanggar pajak akan dijerat dengan sanksi berat. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content