Sukun (malangkota.go.id) – Perum Bulog Cabang Malang terus memastikan kebutuhan masyarakat akan beras selalu aman, termasuk saat ini di masa Ramadan dan jelang Lebaran 1444 Hijriah. Perum Bulog juga secara kontinyu menyalurkan cadangan beras pemerintah (CBP).

Wali Kota Malang Sutiaji saat meninjau di Gudang Bulog Gadang

Kepala Perum Bulog Cabang Malang, Siane Dwi Agustin mengungkapkan stok beras saat ini adalah beras dalam negeri pengadaan tahun 2023. Stok dimulai bulan Maret 2023 lalu sampai saat ini masih dalam tahap penyerapan.

“Sesuai yang disampaikan Pak Wali Kota Malang, hari ini ini adalah pelepasan beras dan peninjauan ketersediaan stok khususnya di Gudang Bulog Gadang,” kata Siane, Kamis (13/4/2023).

Ditambahkannya, untuk stok beras di Gudang Bulog Gadang per hari ini, Kamis (13/4/2023) ada sebanyak 2.170 ton. Mulai hari ini pemerintah juga sudah menyalurkan stok cadangan pangan untuk wilayah Kabupaten Malang, Kota Batu dan Kota Malang.

“Untuk penyaluran bantuan pangan kita stoknya masih aman. Namun setiap hari Bulog terus berproses. Per hari ini ada tiga truk yang baru masuk persiapan mau bongkar, dan besok pasti juga ada lagi,” ujar Siane.

Diungkapkannya, pengadaan juga berjalan terus sampai Desember 2023 terus ada. Selain bantuan pangan, disebutkannya Bulog juga menyiapkan paket-paket bantuan dari Wakil Presiden, BUMN dan juga PLN yang baru saja menyalurkan 15.000 paket bantuan tersebut secara bertahap.

“Untuk stok cadangan beras pemerintah saat ini terus berproses semuanya, mudah mudahan kami bisa mencapai target dari perusahaan untuk Bulog Kantor Cabang Malang sebesar kurang lebih 27.000 ton selama satu tahun,” harap Siane.

Sejauh ini, dikatakan Siane sudah terealisasi sebanyak 3.500 ton. Sedangkan untuk serapan beras berasal dari petani lokal dan juga mitra-mitra yang dari Malang dan juga daerah yang lain. Terpenting adalah untuk dapat masuk ke Bulog harus sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Bulog juga tetap menyalurkan beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) bekerjasama dengan pemerintah daerah, misalnya dengan operasi pasar ataupun pemeran pasar murah. Saat ini Bulog sedang fokus untuk penyaluran cadangan beras pemerintah yang notabene harus disalurkan sebelum cuti bersama 19 April 2023. “Insya Allah untuk stok beras aman. Dan saat ini Bulog terus berproses,” pungkas Siane. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content