Berita

Taman Edukasi, Ikon Baru Indahnya Taman di Bantaran Sungai

Kedungkandang, MC – Tak hanya pemerintah dan perusahaan yang kian bersemangat membangun taman-taman cantik di Kota Malang. Warga RW 3 Kelurahan Kedungkandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang pun bersemangat dengan bergotong royong membangun Taman Edukasi di bantaran Sungai Amprong, Minggu (17/4).

Wali Kota Malang H. Moch. Anton menggunting pita sebagai tanda diresmikannya Taman Edukasi RW 3 Kelurahan Kedungklandang, Minggu (17/4)
Wali Kota Malang H. Moch. Anton menggunting pita sebagai tanda diresmikannya Taman Edukasi RW 3 Kelurahan Kedungklandang, Minggu (17/4)

Sebagai bentuk apreasiasi, Wali Kota Malang H. Moch. Anton meresmikan secara langsung Taman Edukasi yang dibangun secara swadaya oleh warga RW 3 Kelurahan Kedungkandang itu. Kehadiran orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota Malang membuat suasana peresmian semakin berkesan.

Ketua RW 3 Kelurahan Kedunkandang, Agus Surahman membenarkan taman sepanjang 167 meter di pinggiran Sungai Amprong ini adalah bangunan yang didirikan secara swadaya oleh warga.

“Dulunya tempat ini digunakan untuk urusan penempatan pasir katel, setelah mendapat persetujuan dari Dinas Pengairan Provinsi Jatim akhirnya dimanfaatkan warga dengan dibangun taman edukasi,” jelas Agus, Minggu (17/4).

Selain dana yang berasal dari swadaya masyarakat, Agus mengungkapkan Taman Edukasi yang representatif tersebut bisa terbangun setelah mendapat bantuan dari Pemerintah Kota Malang yang disalurkan melalui Kelurahan Kedungkandang setelah sebelumnya sudah disetujui dalam Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan_red) 2015.

“Pembuatan taman ini murni inisiatif warga yang berlandaskan karena kawasan ini dulunya dikenal sedikit seram. Syukur alhamdulillah setelah melalui berbagai proses, taman edukasi akhirnya benar-benar terwujud,” ujar Agus.

Pembangunan taman edukasi dijelaskan Agus dilakukan oleh delapan RT yang ada di RW 3 Kelurahan Kedungkandang. Desain taman dan bahan semuanya dari swadaya masyarakat.

Pembangunan Taman Edukasi ini juga melibatkan pihak TNI yang bersinergi dengan masyarakat untuk mewujudkan Kota Malang yang indah nan asri.

Wali Kota Malang H. Moch. Anton mengaku senang dan sangat mengapresiasi kesungguhan warga Kelurahan Kedungkandang dalam membangun taman yang cantik di RW 3. Bukan hanya sekedar menjadi cantik, keberadaan taman ini juga bisa menjadi tempat yang baik untuk mengedukasi masyarakat tentang lingkungan.

“Masyarakat RW 3 sangat luar biasa. Ini menjadi contoh bagus bagaimana membangun taman-taman di bantaran sungai di Kota Malang sehingga bisa semakin cantik dan semakin banyak membawa manfaat,” ucap Abah Anton, demikian Wali Kota Malang itu akrab disapa. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content