Klojen (malangkota.go.id) – Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo (IBU) Malang akan membuka program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di tahun 2023 ini. Untuk gelombang pertama akan dibuka pada awal September dengan kuota 150 orang jurusan Pendidikan Matematika, Sejarah, Bahasa Indonesia, Ekonomi dan Pendidikan Jasmani.

Ketua Program PPG IBU Malang, Susandi

Ketua Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) IBU Malang, Susandi, Sabtu (1/7/2023), mengungkapkan bahwa program pendidikan selama dua semester atau selama satu tahun ini diperuntukkan peserta prajabatan maupun dalam jabatan. “Untuk peserta prajabatan yang dinyatakan lulus nantinya akan mendapat sertifikat. Kami pun nantinya akan mengajukan ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Ditambahkannya, mereka nantinya akan kita bantu agar bisa menjadi ASN atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di pemerintah daerah tertentu dengan tanpa tes atau minimal mendapat prioritas. “Setiap peserta yang akan mendaftar bisa langsung datang ke kampus IBU Malang di Jalan Citandui,” imbuh Sandi.

Lebih lanjut dia menyampaikan, calon peserta didik yang hendak mendaftar harus lulusan Strata 1 dan linear dengan program yang dipilih. Selain itu, nantinya akan ada tes substantif, tes tulis dan wawancara serta berusia maksimal 32 tahun. “Jika saat awal pendaftaran dibuka kuota sudah memenuhi, maka pendaftaran akan ditutup,” jelasnya.

Menurut Susandi, sebenarnya pihaknya mengajukan kuota lebih dari 150 orang namun hingga saat ini yang disetujui sejumlah itu. “Kami nanti akan mengajukan untuk gelombang kedua dan semua bisa disetujui.,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content