Berita Seni Budaya dan Pariwisata

SOWAN 2023, Guyubnya Ribuan Pesepeda Berkumpul dan Ngontel Bareng

Klojen (malangkota.go.id) – ‘Satu Sepeda Sejuta Saudara’, inilah semangat yang terus digaungkan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) sepanjang gelaran Semarak Onthel Persaudaraan Nasional (SOWAN) 2023 di Kota Malang.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji  membuka kegiatan gelaran Semarak Onthel Persaudaraan Nasional (SOWAN) 2023

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, mulai 8-9 Juli 2023 ini mampu menghadirkan sekitar 3.000 peserta yakni para pecinta sepeda tua se-Indonesia. SOWAN 2023 ini dimeriahkan pameran sepeda tua, bazar barang-barang antik, lomba sepeda lambat, dan beragam hiburan lainnya. Puncaknya hari ini, Minggu (9/7/2023) digelar karnaval sepeda onthel dengan melintasi spot menarik di Kota Malang.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Belanegara ini merupakan ajang menjalin silaturahmi. “Saya mengapresiasi sekali kegiatan ini. Ini membangun bukan hanya komunitas, tapi lebih pada persaudaraan. Terima kasih menjadikan sepeda tua sebagai wadah untuk mempererat persaudaraan,” ucapnya saat memberikan sambutan, Minggu (9/7/2023).

Menurutnya, sepeda tua yang memiliki nilai sejarah ini harus terus dilestarikan dan dikenalkan pada generasi muda. “Saat ini kita mengalami krisis moral, dimana mereka kurang bisa menghargai jasa pendahulu, kurang menghargai karya orang. Maka, dari Malang ingin membangun solidaritas agar semua dapat menghargai sejarah. Saling bergandengan menjadi keharusan kita semua,” sambungnya.

Selain itu, diharapkan dengan event nasional seperti SOWAN 2023 ini menjadi daya tarik pariwisata di Kota Malang. Terlebih Kota Malang juga dikenal menyimpan warisan sejarah yang tentu akan mendukung corak tempo dulu yang identik dengan komunitas sepeda tua ini. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content