Berita

Wali Kota Malang Dianugerahi Penghargaan Lencana Jasa Pratama

Klojen (malangkota.go.id) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang menganugerahkan penghargaan Lencana Jasa Pratama kepada Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji di Ruang Rapat Wali Kota Balai Kota Malang, Rabu (16/8/2023).

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menerima penghargaan Lencana Jasa Pratama dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang

Penghargaan Lencana Jasa Pratama ini diberikan kepada Wali Kota Malang Sutiaji atas kepedulian dan bantuan yang diberikan dengan penuh keikhlasan dalam mendukung tugas-tugas kemanusiaan melalui Palang Merah Indonesia.

“Situasi saat ini pas di momen Hari Kemerdekaan, dan menjadi wujud nasionalisme dan kemanusiaan. Atas nama pribadi dan kelembagaan saya menyampaikan terima kasih atas anugerah ini, mudah-mudah ini tepat guna dan tepat orang,” ucap Wali Kota Sutiaji yang diberikan mandat sebagai Pelindung PMI Kota Malang tersebut.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu menyampaikan bahwa PMI adalah suatu organisasi yang tidak hanya di Indonesia, namun juga internasional. Oleh karena itulah eksistensinya harus dijaga, yang selanjutnya juga bagaimana penguatan dan optimalisasi eksistensi tersebut dikuatkan. Maka dari itu menjadi suatu keharusan pemimpin daerah untuk ikut berkontribusi untuk kelangsungan PMI.

“Ayo bersama membangun komitmen bahwa pengabdian kita bukan karena siapa-siapa, namun karena kita sandarkan kepada Tuhan Sang Pencipta yang menjaga eksistensi kita semua. Ayo kita jaga kekompakan PMI sesuai visi dan misi yang telah dikembangkan,” serunya

Wali Kota Malang pun berharap hal ini dapat jadi penguat kolaborasi di antara semuanya. Pada kesempatan ini juga pria berkacamata tersebut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PMI bersama seluruh tim kesehatan yang bergitu luar biasa atas kesiapsiagaan dan support-nya menjadi salah satu garda terdepan.

Ketua PMI Kota Malang, Drs. Imam Buchori, M.Si menyebutkan penghargaan Lencana Jasa Pratama ini merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi atas kepedulian serta dukungan pemerintah dalam rangka kegiatan atau program-program PMI.

“Di PMI ada beberapa tingkatan penghargaan, salah satunya yang hari ini kami berikan kepada Wali Kota Malang yang telah memberikan kontribusi maksimal atas tugas beliau sebagai pelindung PMI Kota Malang,” ungkap Imam.

Lebih lanjut ia menjelaskan, salah satu bentuk dukungan pemerintah kota pada PMI Kota Malang yakni melalui support anggaran seperti hibah, program-program kerja sama PMI yang dituangkan dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding) yang kemudian dilanjutkan kepada perangkat daerah terkait sebagai tindak lanjut.

“Hal ini yang menjadi tujuan kami, tidak ada tujuan politis. Beliau selaku pelindung PMI Kota Malang yang sudah memberikan kontribusi mulai awal berdirinya pengurus yang baru hingga hari ini menjelang beliau purnatugas pada September 2023. Harapannya, ke depan siapa saja wali kotanya, yang jelas kerja sama PMI dengan pemerintah kota harus tetap terjaga. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dalam hal seperti pelayanan emergency, ambulans, kebencanaan dan lain-lain bisa dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content