Blimbing (malangkota.go.id) – Gedung Malang Creative Center (MCC) yang ada di Jalan Ahmad Yani No.53 Blimbing Kota Malang merupakan tempat bagi kaum muda kreatif dari berbagai daerah di Jawa Timur dan bahkan Indonesia mengembangkan potensinya. Dengan berbagai sarana prasarana yang memadai dan tutor yang handal, keberadaaan MCC siap menjadi wadah menempa generasi bangsa yang berdaya saing.

Wali kota Malang, Drs H Sutiaji mendampingi gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat grand launching MCC

Beberapa hal itu yang disampaikan Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat Grand Launching MCC, Jumat (22/9/2023). Usai diresmikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pria berkacamata itu menyebutkan dari MCC akan lebih banyak melahirkan kreator-kreator handal dari 17 subsektor ekonomi kreatif, seperti game, aplikasi, fotografi dan perfilman.

“Apalagi pada hari ini telah ditandatangani kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Timur. Maka para pelajar SMA dan SMK se-Jawa Timur dapat belajar dan memanfaatkan gedung MCC, sehingga dari program ini ada transfer kemampuan dan keahlian,” imbuh Wali Kota Malang.

Dari kondisi ini tentu imbasnya akan sangat besar dan luas. Seperti penguatan literasi, perputaran ekonomi dan ekosistemnya akan terbangun dengan baik. “Tak hanya pelajar dan mahasiswa, siapapun yang ingin mengembangkan potensinya bisa di tempat ini,” urai Sutiaji.

Hingga saat ini MCC sudah berkolaborasi dengan 16 perguruan tinggi yang akan merealisasikan semua itu. Semua yang memiliki potensi dan kreativitas akan berproses serta digodok di MCC.

“Basic kami adalah riset, riset dan riset. Semua berbasis data, jadi apa yang dilakukan tidak hanya mimpi. Apalagi saat ini mulai dimanfaatkannya Artificial intelligence (AI), maka apapun yang dikembangkan akan berjalan dengan baik,” ungkap Sutiaji.

“Hingga saat ini setidaknya sudah ada 121 ribu penerima manfaat dari 250 lebih kegiatan yang dilakukan sejak tahun lalu. Dari itu semua, membuktìkan jika kehadiran MCC sangat efektif. Itu semua akan menjadi kekuatan besar dalam penguatan 17 subsektor ekonomi kreatif,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content