Berita Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Juri Lomba Kampung Bersinar 2023 Kunjungi RW VII Kelurahan Cemorokandang

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Lomba Kampung Bersih, Sehat, Indah, Asri dan Rapi (Bersinar) 2023 telah memasuki tahap penilaian. Kali ini Tim Juri Lomba Kampung Bersinar melakukan kunjungan lapangan ke RW VII Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Rabu (18/10/2023).

Tim Juri lomba kampung bersinar hadir di RW VII Kelurahan Cemorokandang

Salah satu Tim Juri Lomba Kampung Bersinar, Mohammad Ridwan, STP, MM mengungkapkan kehadiran tim juri di RW VII Kelurahan Cemorokandang ini adalah untuk melihat langsung kondisi di lapangan dan tingkat pemahaman warga terhadap kelestarian lingkungan yang menjadi salah satu indikator pembangunan kota.

“Untuk mewujudkan pembangunan lingkungan yang baik dan sehat, diperlukan pengembangan generasi lingkungan melalui menajemen yang terukur, seperti yang tercermin dalam Lomba Kampung Bersinar yang melibatkan peran masyarakat secara konsisten dan berkelanjutan,” ucap Ridwan.

Adapun beberapa indikator penilaian lomba ini dikatakan Ridwan meliputi pengolahan persampahan, pengolahan ruang terbuka hijau (RTH), pemberdayaan dan partisipasi masyarakat, serta konservasi air dan energi.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Noer Rahman Wijaya, ST, MM mengatakan Lomba Kampung Bersinar 2023 telah dilakukan penilaian sejak 9 Oktober 2023. Sebelumnya, sosialisasi Lomba Kampung Bersinar telah dilaksanakan pada bulan Juni 2023 yang lalu.

Disebutkannya, selain di wilayah Kelurahan Cemorokandang, hari ini penilaian juga dilakukan di wilayah Wonokoyo dan Sawojajar. “Kegiatan Lomba Kampung Bersinar 2023 ini diikuti oleh seluruh kelurahan di Kota Malang. Melalui kegiatan ini diharapkan pemahaman, keterampilan, dan sikap serta perilaku masyarakat untuk peduli dan berbudaya lingkungan dapat meningkat,” harap Rahman.

Oleh sebab itulah menurutnya pengetahuan, wawasan, nilai kepedulian, sikap, dan perilaku yang berbudaya lingkungan harus terus ditumbuhkembangkan. “Semoga terwujud masyarakat yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup, serta kreativitas dan inovasi di bidang pelestarian lingkungan dapat ditumbuhkan,” tutupnya. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content