Artikel UMKM

Pelaku Usaha Perikanan di Purwantoro Dapatkan Sosialisasi dari BLU LPMUKP

Blimbing (malangkota.go.id) – Untuk menambah wawasan pembudidaya ikan di kawasan Purwantoro, Kelurahan Purwantoro bersama tim dari Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP) melakukan sosialisasi di Kebun Edukasi RW 9 Kelurahan Purwantoro, Jumat (3/11/2023).

Sosialisasi akses modal bidang usaha perikanan di Taman Edukasi Kelurahan Purwantoro

Hadir pada kesempatan ini Lurah Purwantoro Dwi Cahyono, ST, MT, PPL Perikanan dari Dispangtan Kota Malang Anas Setyawan, tim dari BLU LPMUKP serta pembudidaya ikan dari wilayah Kelurahan Purwantoro.

Lurah Purwantoro Dwi Cahyono mengungkapkan kegiatan ini menjadi ajang edukasi bagi pembudidaya ikan dan pelaku usaha perikanan di wilayah Purwantoro agar semakin bertambah wawasannya. “Kalau selama ini usaha yang dijalani lebih banyak karena hobi dan masih bersifat sambilan, kami berharap ke depan bisa terus berkembang hingga menjadi sebuah industri,” harap Dwi.

Pada kesempatan ini juga diberikan pengetahuan terkait akses permodalan yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha serta penggunaan teknologi untuk mengembangkan hasil budidaya di lahan terbatas. “Saat ini di Kota Malang ketersediaan lahan sangat terbatas. Ke depan selain budidaya ikan, yang perlu ditingkatkan di Purwantoro adalah pembuatan produk olahan ikan,” terang Dwi.

Menurut Dwi, di Kota Malang ini target pasarnya sangat bagus, karena banyak wisatawan, mahasiswa luar daerah yang menempuh pendidikan, hingga pekerja di Kota Malang dapat menjadi pasar yang menjanjikan. Untuk itulah berbagai edukasi harus terus dilakukan untuk peningkatan dan pengembangan usaha, termasuk di bidang perikanan.

Pada kesempatan ini para peserta juga mendapatkan sosialisasi terkait pembiayaan dana bergulir yang berpendampingan bagi pelaku UMKM sektor kelautan dan perikanan dari BLU LPMUKP. Harapannya pelaku usaha perikanan dapat memahami kemudahan pinjaman dengan bunga yang ringan juga agunan yang mudah. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content