Lowokwaru (malangkota.go.id) – Eksistensi Forum Anak sebagai organisasi anak yang menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak terus dikuatkan. Di Kota Malang, Forum Anak juga dikembangkan pada tingkat kelurahan, salah satunya di Kelurahan Tlogomas. Pelibatan anak dalam rencana pembangunan kota juga terus dilakukan, salah satunya melalui kegiatan Penguatan Kelembagaan Forum Anak Kelurahan Tlogomas, Rabu (28/11/2023).

Penguatan Kelembagaan Forum Anak Kelurahan Tlogomas

Keterlibatan anak dalam organisasi seperti Forum Anak Kelurahan tentu akan membantu meningkatkan beberapa keterampilan dalam dirinya. Selain untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan bersosialiasi. Dengan keterlibatan anak dalam organisasi akan melatih mereka untuk berani menyampaikan keinginannya dan harapannya sebagai anak.

Dalam kegiatan yang diikuti anak-anak perwakilan tiap-tiap RW ini, Lurah Tlogomas Arwanto menyampaikan bahwa pihaknya membutuhkan berbagai masukan termasuk dari anak-anak untuk penyusunan rencana pembangunan. “Pentingnya anak dalam mengumpulkan berbagai hal karena dalam waktu dekat akan dilakukan Musrenbang tingkat kelurahan. Selain itu, anak usia 17 tahun ke atas juga sudah bisa berpartisipasi dalam pesta demokrasi dan diharapkan menjadi pemilih pemula yang cerdas,” terangnya.

Pendamping Forum Anak Kota Malang Achmad Lutfi, S.Pd yang hadir sebagai narasumber dalam pertemuan ini menyebutkan bahwa melalui Forum Anak, anak-anak didorong untuk menjadi pelopor dan pelapor. “Anak-anak diharapkan bisa menjadi pelopor yakni menjadi agen perubahan pemenuhan hak anak. Selain itu, anak-anak juga diharap mampu menjadi pelapor yang terlibat aktif dalam mengalami, melihat, dan merasakan terpenuhinya maupun tidak terpenuhinya hak anak,” jelasnya.

Lebih lanjut, Forum Anak juga memiliki peran Forum Anak dibentuk sebagai wadah partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan. “Anak-anak diajak menuliskan setidaknya satu usulan yang nantinya akan ditampung dan dimasukkan dalam kegiatan Musrenbang Kelurahan,” pungkasnya. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content