Artikel Ekonomi dan Bisnis

Bibit Ikan Nila Kekar Tlogowaru Tembus Hingga Mancanegara

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Konsistensi petani ikan Nila Kekar di Kelurahan Tlogowaru Kecamatan Kedungkandang Kota Malang untuk menyediakan benih ikan berkualitas berbuah manis, karena saat ini pesanan bibit yang datang tak hanya skala lokal saja tetapi sampai mancanegara. Ikan Nila Kekar ini adalah salah satu ikan jenis unggul dan memiliki beragam keunggulan.

Pekerja di Kolam Ikan Nila Kekar Tlogowaru saat memanen bibit ikan nila

Pemilik usaha budi daya Ikan Nila Kekar, Riske Anton membenarkan saat ini pesanan bibit Ikan Nila Kekar ke tempatnya terus mengalir. “Tidak hanya dari berbagai daerah di Indonesia saja, namun terakhir pihaknya juga melayani pesanan dari Arab Saudi. Permintaan dari Arab Saudi awalnya sebanyak 75.000 ekor/bulan. Karena kualitas bibit kami bagus, akhirnya tiap bulan permintaan meningkat menjadi tiga juta bibit setiap bulannya,” jelas Riske, Rabu (10/1/2024).

Begitu banyaknya pesanan yang masuk, Riske mengungkapkan pihaknya tengah mengembangkan usahanya agar dapat memproduksi bibit Ikan Nila Kekar dengan skala produksi lebih besar. “Di Kota Malang sudah susah untuk mendapatkan lahan dengan harga murah, akhirnya untuk pengembangan lahan kami memilih investasi di Desa Jambuwer Kabupaten Malang,” cerita Riske.

Dikatakan Riske, Ikan Nila Kekar ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya memiliki ketahahan hidup yang bagus, pertumbuhan yang cepat, berdaging tebal, dan rasanya yang lezat. “Bibit nila yang kami kirim ke Arab Saudi terbukti bagus. Sebab itulah saat ini Arab Saudi berani pesan ke kami dalam jumlah yang besar setiap bulan,” urai Riske.

Riske pun awalnya tak menyangka usaha yang baru empat tahun digelutinya ini sudah berkembang. Apalagi saat ini bibit Ikan Nila Kekar yang diproduksinya selalu habis terjual. “Bibit kami baru berukuran satu-dua sentimeter saja sudah habis dibeli pelanggan,” kata Riske.

Selain didukung keunggulan genetik, jenis Ikan Nila Kekar memang dikenal bagus untuk dikembangkan dimanapun. Demikian juga di Kota Malang yang memiliki hawa yang dingin membuat benih ikan ini juga sangat baik untuk dikembangkan dan dibudidayakan di tempat lain. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content