Klojen (malangkota.go.id) – Dalam beberapa hari terakhir cuaca ekstrem melanda Kota Malang, yaitu angin kencang yang terkadang dibarengi dengan hujan. Cuaca ekstrem ini mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di beberapa tempat.

Petugas DLH Kota Malang melakukan perempesan

Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang melakukan berbagai langkah guna menekan terjadinya pohon tumbang. Langkah nyata tersebut antara lain yaitu dengan menghimpun informasi dengan cara memonitoring secara rutin oleh tim DLh terhadap pohon-pohon yang rawan tumbang.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) DLH Kota Malang Laode Kulaita B. Al Fitra saat ditemui, Jumat (15/3/2024) mengungkapkan bahwa langkah berikutnya yaitu melakukan share Information atau menyebarkan dan berbagi informasi dengan jajaran samping, seperti BPBD, Kepolisian, Kelompok Kelurahan Tangguh, dan lain-lain.

“Kami juga memonitor dan menghimpun informasi dari masyarakat tentang keberadaan pohon yang rawan tumbang. Jadi diharapkan masyarakat turut berpartisipasi dan proaktif dalam hal ini,” pesan Laode.

Sedangkan tindak lanjut dari antisipasi tersebut, Laode mengatakan pihaknya melakukan survei dan cek lokasi. Kemudian dilakukan perempesan/penebangan pohon yang dianggap mengkhawatirkan atau rawan tumbang.

Lebih jauh Laode mengatakan bahwa pihaknya pun melakukan perempesan pohon di kawasan ruas jalan tertentu. Upaya ini dilakukan pada malam hari oleh tim DLH di jalur lalu lintas yang padat. Penanganan lain adalah dengan menyiagakan tim emergency pohon tumbang,” jelas Laode. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content