Berita

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang Gelar Blusukan Pasar

Kedungkandang, MC – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Malang lagi-lagi menggencarkan sosialisasi melalui blusukan pasar rakyat. Blusukan pasar ini digelar di Pasar Merjosari Kota Malang dengan sasaran kalangan pedagang  pasar seperti pemilik kios, pekerja kios dan para pengunjung pasar, Jumat (13/11).

Acara blusukan yang diadakan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang disambut antusias oleh para pedagang, Jumat (13/11)
Acara blusukan yang diadakan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang disambut antusias oleh para pedagang, Jumat (13/11)

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Sri Subekti, SE mengatakan kegiatan blusukan pasar ini tujuannya adalah agar masyarakat mengenal lebih dekat apa saja program yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan demikian akan menumbuhkan kepedulian tentang betapa pentingnya perlindungan para pekerja ini jika terjadi resiko seperti kecelakaan kerja dan kematian. “Kegiatan ini kami kemas dalam sosialisasi dengan konsep entertaiment kerjasama dengan kepala pasar,” imbuh perempuan yang akrab disapa Beti itu, Jumat (13/11).

Sebelumnya, terang dia, pihak BPJS Ketenagakerjaan sudah memberikan informasi dan sosialisasi betapa pentingnya program ini sehingga para pelaku usaha di pasar rakyat seperti para pedagang, pengunjung pasar, pemilik kios, penjaga kios, tukang ojek, tukang parkir, pedagang asongan dan lainnya terlindungi dalam program mulia ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Ahmad Fauzan mengatakan blusukan pasar rakyat ini adalah aktivitas BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan edukasi kepada seluruh pekerja di pasar yang kebetulan secara bersamaan dilakukan di dua pasar rakyat yaitu Pasar Merjosari dan Pasar Madyopuro.

“Tim kami bergerak mengunjungi dan menyebarkan brosur dan informasi kepada seluruh kios atau pedagang, bahwa kami sekarang ini sudah bisa melayani kepesertaan pekerja bukan penerima upah. Bagi pedagang ataupun pengunjung pasar yang tertarik menjadi peserta bisa langsung mendaftar,” urainya.

Hari itu juga, beber Fauzan, tim BPJS Ketenagakerjaan juga menghadirkan mitra kerjanya yaitu melalui PPOB (Payment Poin Online Bank_red) Akses Plus dan Bank BRI yang memiliki jaringan luas dan tersebar di Malang Raya sehingga para peserta dan calon peserta untuk proses pendaftaran dan pembayaran iuran semakin mudah dan terjangkau.

Lebih jauh Fauzan mengatakan, pada hari itu juga pekerja pasar banyak berdatangan ke tenda BPJS Ketenagakerjaan untuk mendaftar langsung. Dan sebagai bukti kepesertaan, mereka akan mendapatkan kartu peserta yang akan dikirim dan dititipkan melalui kantor pasar.

Dari acara ini semua pelaku perdagangan di pasar rakyat ini akan semakin paham, sadar dan segera mendaftar agar masa depan mereka terjamin dan sejahtera. Hal tersebut diamini oleh Kepala Pasar Madyopuro Imam Fauzi. Menurutnya program ini adalah program pemerintah yang aman terpercaya.

Bagi para pekerja informal yang belum mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, imbau Fauzi, hendaknya segera mendaftarkan diri ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan di Jl. Dr. Soetomo No.1 Malang. “Selain itu juga bisa dengan mitra kerja Perbankan seperti BRI, BNI, BTN, Bukopin dan PPOB yang tersebar luas di Malang Raya,” tukasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content