Berita

Festival Mbois 2016, Ajang Pegiat Ekonomi Kreatif

Klojen, MC – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang menggandeng Malang Creative Fusion (MCF) menggelar Festival Mbois 2016 yang pembukaannya dilakukan di Digital Innovation Lounge (DiLo) yang berada di Jl. Basuki Rahmad Malang, Kamis (3/11).

Foto bersama usai pembukaan Festival Mbois 2016
Foto bersama usai pembukaan Festival Mbois 2016

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Dr. Idrus Achmad, M.Si membuka festival yang merupakan ajang berkreasi para pegiat ekonomi kreatif seperti halnya seni kriya, workshop seni dan pertunjukan, penciptaan dan konsep penyutradaraan, desain, fashion, musik, game dan lain sebagainya.

Idrus Achmad mengatakan jika ekonomi kreatif di Kota Malang jauh lebih baik dibandingkan Kota Surabaya. Bukan tanpa alasan ia berkata demikian, sebab meski dirinya mengabdi di Kota Malang tetapi ia juga memiliki rumah di Surabaya.

“Sejak masih remaja saya sudah terbiasa berwirausaha. Untuk bisa meraih sukses kuncinya sederhana, seorang pengusaha harus jujur,” kata Idrus.

Sementara itu Kepala Disperindag Kota Malang Dra. Tri Widyani P., M.Si mengungkapkan perkembangan ekonomi kreatif di Kota Malang meningkat pesat. Dibentuknya wadah komunitas industri kratif Malang Creative Fusion dan Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) yang digelar di Kota Malang makin membangkitkan geliat industri kreatif.

“Melihat begitu besarnya potensi ekonomi kreatif di Kota Malang, Disperindag memberikan wadah agar bisa semakin maju untuk menyejahterakan masyarakat,” terang Yani, panggilan akrab Tri Widyani, Kamis (3/11).

“Melihat animo dan antusiasme warga Malang, saya yakin tujuan Kota Malang untuk bisa menjadi Kota Kreatif dunia akan bisa menjadi kenyataan,” yakinnya.

Terobosan dengan membuat e-Commerce serta Malang Pay untuk menjadi platform pembayaran akan memudahkan pembeli dan penjual produk kreatif.

“Dari 16 subsektor ekonomi kreatif, Kota Malang memiliki ribuan pelaku ekonomi kreatif. Ini harus terus di-eksplor lebih mendalam agar perkembangannya bisa semakin dahsyat,” terang Yani.

Ketua pelaksana Festival Mbois 2016, Ardiansyah Rahmad Akbar menyampaikan animo masyarakat untuk berpartisipasi di Festival Mbois sangat luar biasa. Karena itulah penyelenggaraan event ini akan diperpanjang sampai 16 Desember 2016 dari sebelumnya yang direncanakan yaitu tanggal 3 November 2016 sampai tanggal 10 Desember 2016. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content