Blimbing, MC – Sukses Kampung Glintung Go Green (3G) yang berada di Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang masuk lima besar dunia dalam Guangzhou International Award for Urban Innovation membuat RW 23 Kelurahan Purwantoro ini semakin banyak kedatangan tamu untuk belajar. Ini tampak saat para mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) Malang yang secara khusus berkunjung ke Kampung 3G, Kamis (15/12).

Suasana di Kampung Glintung
Suasana di Kampung Glintung

Salah satu mahasiswa FEB UB, Salsabila Rizki membenarkan ia bersama teman-temannya berkunjung ke Glintung untuk belajar. Sesuai dengan program studinya, ia mempelajari bagaimana bisnis etik di Kampung Glintung yang bisa menjadi model pengembangan usaha di Indonesia.

“Banyak sekali yang kami pelajari di Kampung Glintung, mulai gerakan menabung air sampai dengan bagaimana pemberdayaan masyarakatnya,” jelas Salsabila, Kamis (15/12).

Sementara itu Ketua RW 23 Bambang Irianto mengungkapkan, setelah sukses masuk lima besar di Guangzou Award 2016, Glintung saat ini semakin banyak diminati. Hampir setiap hari selalu ada tamu yang secara khusus datang dan melihat langsung ke Kampung 3G.

“Saat ini rombongan mahasiswa UB yang belajar. Sejak dua hari yang lalu Kementerian Pertahanan RI secara khusus datang ke Kampung Glintung melihat langsung bagaimana kampung ini digerakkan,” ungkap Bambang.

Kementrian Pertahanan RI tertarik mempelajari Kampung 3G karena dalam skala kecil kampung ini bisa menunjukkan bela negara yang berbasis gotong-royong. Ditambahkannya, Kampung Glintung dengan keterbatasan bisa mandiri dalam berbagai hal termasuk dalam ketahanan pangan. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content