Berita

Kemkominfo Ajak UMKM Kota Malang Go Online

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang menerima kunjungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kamis (6/7). Selain tamu dari Kemkominfo yaitu Bambang Tri Santoso, S.Sn, Rizki Amelia, SS., M.Si, dan Zainal A., Ph.D, hadir pula salah satu pengusaha toko online terkemuka di Indonesia Deo Nathaniel, serta Gatot Wahyu dari Komunitas Pahlawan Digital.

Diskusi tentang peningkatan UMKM berlangsung gayeng

Kunjungan dalam rangka ‘UMKM Go Online to One Million‘ ini diterima langsung oleh Walikota Malang H. Moch Anton di Ruang Rapat Walikota Malang didampingi oleh Asisten Perekonomian, Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kepala Barenlitbang, serta Kepada Dinas Kominfo Kota Malang.

Pemerintah Kota Malang terus berupaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi riil dengan meningkatkan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Oleh karena itu, Pemerintah Kota Malang berupaya meng-online-kan UMKM Kota Malang demi membangun ekonomi digital di Kota Malang.

Potensi UMKM Kota Malang memiliki daya tarik tersendiri bagi penyedia platform online. “Kota Malang adalah penyuplai produk terbanyak di Tokopedia, dan UMKM yang sudah Go Online hanya 3%,” kata Deo Nathaniel.

Oleh karena itu, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang bersama Kementerian Kominfo, Komunitas Digital, serta Tokopedia bekerjasama mengadakan workshop edukasi bagi para UMKM Kota Malang untuk memasuki platform online.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Malang H. Moch. Anton menyambut baik. “Program ini sangat perlu ditindaklanjuti, karena peningkatan UMKM jika tidak dibantu pemerintah kota maupun pemerintah pusat, mereka akan tetap kembang kempis,” jelas pria yang akrab disapa Abah Anton itu.

“Karena dari jumlah 70.000 pengusaha di Kota Malang, 90% diantaranya adalah pengusaha mikro. Ini merupakan potensi tersendiri bagi Kota Malang dan pertumbuhan sektor UMKM,” imbuhnya.

Sementara itu Asisten Perekonomian Setda Kota Malang Ir. Budi Herwanto, MT menyampaikan harapannya agar program UMKM Go Online to One Million ini nantinya dapat dijadikan program berkelanjutan UMKM di Kota Malang. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content