Artikel

SMKN 2 Malang Dekatkan Seni Tradisi Pada Anak Didik

Klojen (malangkota.go.id) – Ada perasaan bangga dan haru ketika melihat anak-anak memainkan alat musik dan kesenian tradisional yaitu gamelan dan karawitan. Melihat gencarnya serbuan musik-musik modern, ternyata masih ada generasi muda yang mau memainkan dan melestarikan alat musik dan kesenian musik tradisional Jawa tersebut.

Para siswa-siswi tampak bersemangat berlatih di DKM Kota Malang

Ini terpotret saat siswa-siswi SMKN 2 Malang menggelar latihan gamelan dan karawitan di Gedung Dewan Kesenian Malang (DKM) Jl. Simpang Mojopahit No.3 Malang, Selasa (24/10).

Para siswa itu ternyata sedang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan dipandu oleh gurunya. Sayup sayup terdengar mereka menyanyikan tembang-tembang Jawa diiringi syahdunya alunan gamelan.

Guru Bahasa Daerah SMKN 2 Malang, Javian Inggit, S.Pd mengungkapkan bahwa latihan di DKM Kota Malang ini merupakan persiapan jelang kegiatan lomba-lomba di sekolah yang digelar tanggal 26 Oktober 2017. Meski levelnya masih lomba tingkat sekolah, para siswa kegiatan ekstrakulikuler gamelan disiapkan dengan sangat serius.

“Kami sengaja membawa anak-anak berlatih di DKM ini agar mereka lebih berkonsentrasi dan semakin fokus, sehingga pada hari H pelaksanaan bisa tampil maksimal,” jelas Javian, Selasa (24/10).

Ditambahkannya, persiapan yang serius dengan ketekunan dalam berlatih, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para anak didik. Menurutnya, hanya dengan selalu giat berlatih lah kemampuan para anggota kesenian gamelan akan terus terasah.

Selain tampil di even sekolah, Javian menyebutkan tim kesenian gamelan SMKN 2 Kota Malang juga sering tampil di berbagai even. Diantaranya adalah dalam LKS SMK Tingkat Nasional beberapa waktu yang lalu di Gedung Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM).

Diungkapkan Javian, melalui kegiatan ekstrakurikuler ini dapat lebih mendekatkan kesenian gamelan dan karawitan yang merupakan warisan budaya Indonesia agar lebih dikenal, dicintai, dan tetap lestari.

Di pentas tanggal 26 Oktober 2017 tersebut, tim gamelan SMKN 2 Kota Malang juga akan tampil mengiringi berbagai penampilan lomba. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content