Artikel

Jelang Natal dan Tahun Baru, PT KAI Tambah Dua Kereta Ekstra Malang-Jakarta

Klojen (malangkota.go.id) – Minat masyarakat terhadap moda transportasi darat hingga saat ini masih sangat tinggi, terutama ketika menjelang Natal dan Tahun Baru yang banyak dimanfaatkan warga masyarakat untuk berlibur ke luar daerah. Hal ini seperti yang terlihat di Stasiun Kota Baru Malang. Hingga kini, sebanyak 80 persen tiket kereta api reguler maupun tambahan telah terjual.

Suasana penumpang kereta api di Stasiun Kota Baru Malang

“Okupansinya hanya tersisa 20 persen di tanggal tertentu saja. Pada momen Natal dan Tahun Baru, PT. KAI telah menyediakan dua kereta api tambahan, masing-masing untuk KA Ekonomi Matarmaja jurusan Malang-Jakarta, dan KA Eksekutif Gajayana jurusan Malang-Jakarta,” kata Kepala Stasiun Kota Baru Malang, Suprapto, Jumat (15/12).

Ditambahkannya, kereta tambahan ini disediakan hanya untuk jurusan Malang-Jakarta karena tingginya animo penumpang dibandingkan kereta jarak jauh lainnya. “Untuk kereta tambahan Matarmaja, tempat duduk yang disediakan sebanyak 848 per hari. KA tersebut beroperasi mulai 15 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018,” imbuh Suprapto.

“Untuk KA Matarmaja reguler tiket keberangkatan pada tanggal 14 Desember hingga 6 Januari sudah habis terjual, sedangkan untuk KA Matarmaja tambahan tiket pada 15-26 Desember sudah terjual,” ungkapnya.

Sedangkan kereta Gajayana tambahan jumlah kursi yang disediakan sebanyak 350 per hari. KA tambahan tersebut beroperasi mulai 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018. “Untuk KA Gajayana, tambahan tiketnya sudah habis terjual,” kata Suprapto.

Terkait harga, untuk KA Matarmaja reguler harganya Rp 109 ribu, namun untuk KA Matarmaja tambahan khusus Natal dan Tahun Baru tiketnya naik menjadi Rp 185 ribu hingga Rp 200 ribu. “Untuk KA Gajayana tambahan, kami memberlakukan tarif batas atas seharga Rp 600 ribu, sedangkan untuk KA Gajayana reguler harganya 535 ribu,” tandas Suprapto.

Bagi masyarakat yang sudah berencana untuk bepergian menggunakan moda transportasi kereta api di momen Natal dan Tahun Baru, disarankan untuk segera membeli tiket sebelum habis. “Tiket masih tersisa untuk tanggal-tanggal tertentu, sehingga segera beli tiket sebelum kehabisan,” pesan Suprapto. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content