Berita

Dikukuhkan, PD DMI Kota Malang Diharap Maksimalkan Fungsi Masjid

Klojen (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang H. Moch. Anton mengukuhkan Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Malang masa khidmat 2016-2021 di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Kamis (21/12). Dalam kesempatan itu dihadiri langsung Ketua DMI Jawa Timur Drs. H. M. Roziqi serta para pengurus DMI dari Kota Malang yang nantinya mengemban amanah dalam menjalankan tugas mulia tersebut.

Ketua DMI Jatim H. M. Roziki mengambil sumpah Pengurus Daerah DMI Kota Malang

Wali Kota Malang yang akrab disapa Abah Anton itu dalam sambutannya menekankan salah satu upaya Pemerintah Kota Malang dalam rangka menghidupkan masjid adalah dengan mengeluarkan imbauan Shalat Berjamaah tepat waktu yang ditujukan bagi instansi baik pemerintahan maupun swasta.

“Imbauan shalat berjamaah ini adalah selain dalam rangka pembinaan dan penguatan mental, juga dalam upaya untuk menghidupkan masjid,” ucap Abah Anton.

Selain itu, Abah Anton juga berpesan, dalam era globalisasi peran dan fungsi masjid harus dikembangkan bukan saja sebagai tempat ibadah, melainkan juga sebagai pusat pembelajaran tentang agama Islam kepada anak-anak.

“Agar anak-anak kita tidak terpengaruh oleh ajaran agama yang menyimpang dari agama Islam dan Al-Quran. Masjid juga berfungsi sebagai penyatu umat muslim di Kota Malang,” jelasnya lagi.

Dengan adanya imbauan shalat berjamaah di Masjid, masyarakat khususnya umat muslim, tergerak hatinya untuk mendatangi tempat ibadah tersebut. Selain untuk tujuan ibadah, ada nilai-nilai sosial kemasyarakatan, dimana warga bisa berkumpul dan berdiskusi sehingga lahir ide dan gagasan baru dari itu.

“Pemkot Malang berharap dengan adanya pengukuhan pengurus DMI Kota Malang ini bisa memakmurkan masjid dengan baik dan memiliki imbas sosial kepada masyarakat,” terang Abah Anton.

Sementara itu Ketua Umum DMI Jatim H. M. Roziki dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pengurus DMI Kota Malang yang telah dilantik dan berharap mampu mengemban amanah dengan ikhlas agar bisa memakmurkan masjid di kemudian hari.

“Kita ketahui bersama bahwa masjid merupakan sarana yang luar biasa dan memiliki peran penting sebagai pusat pendidikan agama Islam. Dari sini pula akan terbentuk pendidikan formal dan non formal mencetak generasi yang akan datang untuk meneruskan ilmu pengetahuan agama Islam.

Pengukuhan pengurus DMI Kota Malang juga diisi dengan agenda Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang nantinya akan membahas hal-hal strategis untuk pengembangan masjid di masa mendatang.

Selain itu, diharapkan pula kehadiran Islamic Center yang digagas Pemerintah Kota Malang segera terwujud dan mampu bersinergi baik bersama DMI dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas spiritual umat Islam. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content