Berita

Kontribusi UMKM Terhadap Perekonomian Capai 60%

Klojen (malangkota.go.id) – Guna mendongkrak eksistensi dan promosi berbagai produk dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta menyambut HUT ke-104 Kota Malang, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang menggelar Malang City Expo 2018 di area luar Stadion Gajayana Malang. Ratusan pelaku UMKM yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia turut berpartisipasi di MCE 2018 kali ini.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta memukul gong sebagai tanda dibukanya MCE 2018

Berbagai produk industri rumahan mulai dari produk makanan, minuman, batik, kriya dan produk berbahan rotan, tertata rapi di stan-stan yang telah disediakan. Ada juga stan dari BPJS, Perbankan dan juga Imigrasi yang turut memeriahkan.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta saat membuka Malang City Expo 2018, Rabu (11/4) mengatakan jika event seperti ini sangat dibutuhkan. “Selain sebagai ajang promosi, momen seperti ini merupakan bukti eksistensi bagi para pelaku UMKM sehingga ke depan daya saing dan kualitas dari produk mereka lebih besar serta lebih baik lagi,” jelasnya.

Dari pameran selama empat hari, yaitu mulai tanggal 11 April hingga 14 April 2018, ditargetkan bisa mendatangkan 25 ribu pengunjung dengan omset Rp 4 milyar, dimana pada tahun 2017 lalu gelaran ini meraih omset sebesar Rp3,2 milyar. “Berbagai event pun akan meramaikan pameran ini, seperti diskusi dengan pelaku UMKM besar, dan temu buyer dengan pelaku pasar daring (online),” imbuh I Wayan.

Berbagai produk UMKM seperti makanan olahan, fashion hingga pertanian dikatakan I Wayan Dipta mempunyai potensi besar. Kontribusi terhadap perekonomian nasional pun sangat tinggi, mencapai 60 persen dan menyerap tenaga kerja 113 juta.

“Disisi lain, pemerintah juga akan memberikan pendampingan, promosi, pelatihan, sertifikasi produk dan bantuan permodalan, sehingga pelaku UMKM ini nantinya lebih kreatif dan inovatif,” jelasnya lagi.

“Melalui event pameran ini, ke depan diharapkan para pelaku UMKM lebih mempunyai daya saing, lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan produknya sehingga UMKM pun dapat menyanggah perekonomian nasional dan menembus pasar global,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content