Berita

Kota Malang Wujudkan Diri Jadi Kota Peduli Hewan Kesayangan

Sukun (malangkota.go.id) – Upaya Pemerintah Kota Malang dalam mewujudkan diri sebagai Kota Peduli Hewan Kesayangan terus dilakukan, salah satunya dengan memberikan Layanan Kesehatan Terpadu serta membentuk Satgas Pet Lovers di bawah arahan dan binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang.

Petugas dari dinas pertanian kota Malang saat memeriksa hewan kesayangan warga

Satgas Pet Lover yang di-launching pada 29 April 2018 lalu saat Car Free Day tersebut bertujuan untuk membentuk komunitas hewan kesayangan yang lebih tertata dan membantu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang dalam menyosialisasikan Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS).

Selain itu, Satgas Pet Lovers ini nantinya juga berperan dalam sosialiasi kepada masyarakat yang akan membawa hewan kesayangannya secara aman dan nyaman ke tempat-tempat umum.

Sedikitnya, sudah ada 10 komunitas yang sudah tergabung dalam Satgas Pet Lovers, seperti Komunitas Kucing Malang, Komunitas Anjing, Komunitas Iguana, Komunitas Musang, Komunitas Sugar Gledeer, Komunitas Reptil, dan lainnya dimana kesemuanya adalah komunitas yang sering membawa hewan kesayangannya di tempat-tempat umum seperti Car Free Day, Alun-alun Merdeka, Taman Malabar, dan tempat umum lain di Kota Malang.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang, Sri Winarni, SH mengatakan, pembentukan Pet Lovers ini tak lain adalah untuk mewujudkan Malang sebagai Kota Peduli Hewan Peliharaan. “Satgas ini sudah kami launching dan mendapat sambutan positif dari masyarakat,” kata Sri Winarni, Kamis (07/06)

Selain membentuk Satgas Pet Lovers, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang juga memberikan Pelayanan Kesehatan Terpadu secara gratis kepada hewan peliharaan. “Para pemilik hewan bisa melakukan pemeriksaan dan juga diberikan pemberian vitamin serta obat cacing bagi hewan yang dibawanya semuanya gratis,” kata Sri Winarni.

Pada tahun 2018 ini rencananya akan dilakukan empat kali Layanan Kesehatan Terpadu bagi hewan peliharaan milik warga Kota Malang. Selain di Car Free Day, rencananya juga diadakan di Lapangan Rampal bersamaan dengan gelar Pasar Tani, kemudian dilaksanakan di Kelurahan Lesanpuro bersamaan dengan kegiatan Apel Ternak, serta dan terakhr pada awal Desember di Pusat Kesehatan Hewan (Puskewan) Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang Jl. Kolonel Sugiono 176, Malang.

“Ada doorprize juga yang kami berikan kepada warga yang datang memeriksakan hewan kesayangannya dan hal itu disambut baik,” tukasnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Hewan Terpadu yang dilaksanakan di CFD beberapa waktu lalu melampaui target. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menargetkan pelayanan pada 100 ekor hewan kesayangan, namun karena antusias masyarakat yang tinggi, ternyata pelayanan yang dilakukan kepada 135 ekor hewan, yang meliputi, anjing, kucing, musang, reptil, iguana. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content