Artikel

UKM Anugerah Mina Lestari Jadi Jujukan Belajar Pengolahan Ikan

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Kemajuan usaha pengolahan ikan air tawar milik UKM Anugerah Mina Lestari Kota Malang semakin banyak membuat tempat usaha pengolahan produk ikan ini menjadi jujugan untuk belajar. Termasuk kali ini secara khusus mahasiswa-mahasiswa dari Universitas Brawijaya (UB) belajar langsung pengolahan ikan di UKM yang berada di Jl Gilimanuk Gang 4 no 3 Kota Malang, Selasa (18/6).

Belajar olah ikan di UKM Anugerah Mina Lestari

Para mahasiswa ini belajar langsung mulai dari pembuatan lele dan bandeng asap, lele dan bandeng cabut duri, sosis ikan, hingga fish katsu.

Salah satu peserta pelatihan pengolahan ikan, Riandani Kusumo mengatakan ada sebanyak sepuluh mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Perikanan (THP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB belajar di UKM Anugerah Mina Lestari.

“Pemilik usaha sangat terbuka berbagi ilmu pengolahan ikan, itu membuat kami bisa belajar banyak untuk bisa mendapatkan hasil maksimal,” terang Dani, panggilan akrab Riandani Kusumo, Selasa (18/6).

Dani menceritakan, ada banyak hal yang dipelajari di UKM Anugerah Mina Lestari, mulai dari pembuatan bandeng dan lele cabut duri, pembuatan ikan asap hingga fish katsu. Berbagai ilmu tentang pengolah ini menjadi pelajaran yang nantinya dapat menjadi bekal suatu saat nanti setelah lulus.

“Bukan hanya ingin belajar membuat berbagai olahan ikan saja, ke depan saya ingin memiliki usaha pengolahan ikan,” harap Dani.

Di Tuban yang merupakan daerah asalnya, menurut Dani adalah daerah yan banyak menghasilkan ikan, namun belum diolah secara maksimal. Melihat hal itulah, dari pengalaman belajar di UKM Anugerah Minas Lestari ini ia ingin suatu saat mengembangkan usaha pengolahan ikan di Tuban.

Sementara itu pemilik UKM Anugerah Mina Lestari, Demetrius Bambang mengaku sangat senang sekali ada anak-anak muda yang mau belajar pengolahan ikan. Menurutnya ini sangat baik untuk pengembangan usaha ikan sebab prospeknya masih sangat bagus.

“Saya sudah tua, saya ingin ilmu yang saya miliki bisa banyak membawa banyak manfaat. Untuk itu saya sangat senang sekali berbagi ilmu dengan anak-anak muda yang hadir disini,” jelas Bambang. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content