Artikel

Warga Kelurahan Arjosari Terima Bantuan Kolam Lele

Blimbing (malangkota.go.id) – Sukses budi daya lele dan ikan nila yang terintegrasi dengan budi daya sayuran yang digalakkan Kelompok Tani Sumber Lancar Balearjosari menjadi inspirasi bagi Kelurahan Arjosari untuk memberikan program bantuan kepada warga agar lebih produktif.

Proses perakitan kolam bundar di RW 1

Seperti terlihat di RW 1 Jl. Teluk Cendrawasih Kelurahan Arjosari Kota Malang, Selasa (17/9/2019), tampak warga sedang memasang kolam bulat untuk budi daya ikan terpadu.

Warga penerima bantuan, Sony, membenarkan pihaknya baru mendapatkan bantuan satu unit kolam dari Kelurahan Arjosari. Adanya bantuan ini menurutnya sangat penting bagi warga di RW-nya sebab bisa menjadi sarana pembelajaran.

“Untuk kami yang tinggal di daerah padat seperti Kelurahan Arjosari sangat senang dapat bantuan seperti ini, sebab sangat membantu untuk budi daya ikan dan bertanam sayuran di lahan yang sempit,” jelas Sony, Selasa (17/9/2019).

Adanya bantuan dari kelurahan ini juga menjadi sarana yang tepat bagi warga di RW 1 Kelurahan Arjosari untuk bersama-sama belajar membudidayakan ikan dan bertani di lahan yang sempit. Jika kegiatan seperti ini terus didukung pemerintah tentu warga akan semakin bersemangat.

“Kota Malang banyak pakar ikan yang sudah sangat dikenal kiprahnya di luar daerah. Kalau di kota sendiri namanya kurang diketahui kan aneh juga,” kata Sony.

Dengan banyak belajar kepada para ahli yang ada di Kota Malang seperti di Kelompok Tani Sumber Lancar, Sony berharap ia bisa meraih kesuksesan dalam berbudi daya. Kalaupun tidak bisa menjual dengan skala besar karena lahanya terbatas, setidaknya menurutnya hasil budi dayanya yakni ikan yang sehat dan sayur yang segar bisa dikonsumsi sendiri.

Sementara itu petugas yang membantu pemasangan kolam ikan lele di Arjosari, Suyanto mengatakan bahwa selain di RW 1, pihaknya juga mendapat pesanan dari Kelurahan Arjosari untuk memasang lima kolam lagi di tempat lain. Untuk pemasangan kolam di RW 1 ini adalah yang pertama, selanjutnya akan diteruskan di lima RW lain di Kelurahan Arjosari. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content