Berita

Dubes Indonesia untuk Azerbaijan Fasilitasi Pelaku UMKM Kota Malang Go International

Klojen (malangkota.go.id) – Setelah mengundang sejumlah pelaku UMKM Kota Malang ke Azerbaijan beberapa waktu lalu untuk mengikuti The 4th Indonesian Cultural Festival (ICF), Duta besar Indonesia untuk Azerbaijan Prof. DR. H. Husnan Bey Fanani, M.A berkunjung ke Kota Malang, Senin (14/10/2019).

Dubes Indonesia untuk Azerbaijan Prof. DR. H. Husnan Bey Fanani, M.A (depan, tiga dari kanan) foto bersama Wali Kota Malang, Wakil Wali Kota Malang dan jajaran

Menurut Husnan, produk-produk UMKM Kota Malang selama ini mampu menembus dan bersaing di pasar global, khususnya di Azerbaijan. Sebut saja aneka keripik buah dan berbagai model busana muslim, karena negara ini mayoritas penduduknya menganut agama Islam.

Yang terpenting, kata dia, saat ini adalah bagaimana pelaku UMKM ini bisa memiliki keberanian dan keyakinan, bahwa produk mereka bagus serta mampu bersaing.

“Yang tak kalah penting juga, para pemangku kebijakan seperti pemerintah daerah memiliki aturan yang memihak dan bisa memfasilitasi pelaku UMKM untuk go international,” imbuh Husnan.

Lebih jauh pria berkacamata itu menyampaikan, pelaku ekonomi mikro ini menjadi penopang kuat perekomian nasional, sehingga ke depan harus terus berinovasi dalam berbagai bidang.

“UMKM nonkoperasi hanya ada di Indonesia, dan Republik ini sangat kuat di sektor ini, maka dari itu semua pihak harus memberi penguatan dan perhatian khusus,” sambung Husnan.

Pria asal Kabupaten Ponorogo itu mengaku siap membantu dan memfasilitasi semua pelaku UMKM dari Jawa Timur, khususnya Kota Malang yang ingin masuk ke Azerbaijan. “Ayo kita buktikan bahwa kita bisa dan mampu bersaing di kancah internasional,” ajaknya.

Ketertarikan dan dorongan positif dari Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan terhadap pelaku serta produk UMKM Kota Malang ini disambut baik oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji yang berkomitmen akan memfasilitasi pelaku UMKM, karena menurutnya hal ini peluang yang sangat bagus.

“UMKM kota (Malang) ini bisa berkompetisi di pasar internasional dan lebih maju lagi, sehingga hal ini akan menjadi pemacu dan pemicu bagi yang lain. Kedatangan Dubes Indonesia untuk Azerbaijan ini bukan main-main dan merupakan bukti nyata jika kita bisa,” pungkas Sutiaji. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content