Artikel

PT KAI Imbau Masyarakat Pesan Tiket Lebaran Lewat Channel Resmi

(malangkota.go.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai menjual tiket KA Reguler masa angkutan Lebaran 1441 H mulai H-90 sebelum keberangkatan di website KAI, aplikasi KAI Access, dan seluruh channel penjualan resmi PT KAI lainnya.

Ilustrasi

Sebagai langkah antisipasi meningkatnya jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI telah mengoptimalkan sistem penjualan tiket serta menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket di seluruh channel dapat berjalan dengan lancar.

PT KAI Daops 8 Surabaya mengimbau agar calon penumpang memastikan pemesanan tiket Lebaran melalui channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar.

Manager Humas PT KAI Daops 8 Surabaya, Suprapto, Sabtu (29/02/2020) mengingatkan saat akan memesan tiket Lebaran untuk pastikan koneksi internet stabil, siapkan juga rute atau tanggal alternatif perjalanan, serta cek ketersediaan tiket secara berkala.

Di wilayah PT KAI Daops 8 Surabaya, dijelaskannya terdapat 33 KA reguler jarak jauh/menengah yang merupakan pemberangkatan awal di wilayah PT KAI Daops 8 Surabaya pada masa angkutan Lebaran 1441 H yang bisa dipesan mulai 14 Februari 2020 untuk keberangkatan pada tanggal 14 Mei 2020 (H-10 sebelum Lebaran).

Perjalanan Kereta Api Reguler yang pemberangkatan awal dari PT KAI Daops 8 Surabaya tersebut terdiri dari 8 KA kelas Eksekutif dengan kapasitas 3.338 tempat duduk, 11 KA kelas ekonomi dengan kapasitas 8.526 tempat duduk dan 14 KA kelas Campuran dengan kapasitas 7.984 tempat duduk. “Total dari 33 perjalanan KA reguler jarak jauh/menengah tersebut tersedia total tempat duduk sebanyak 19.848 tempat duduk,” imbuh Suprapto.

Sedangkan untuk KA reguler jarak jauh/menengah yang melintas di wilayah PT KAI Daops 8 Surabaya, terang dia, terdapat delapan KA yang terdiri dari dua KA ekonomi dengan kapasitas 1.272 tempat duduk, dan enam KA kelas campuran dengan kapasitas 3.664 tempat duduk. Total tempat duduk yang tersedia dari delapan KA reguler jarak menengah/jauh yang melintas sebanyak 4.936 tempat duduk.

“Kami mengimbau agar masyarakat bisa merencanakan liburan pada masa angkutan Lebaran 1441 H ini sebaik mungkin dengan memesan tiket melalui aplikasi pemesan tiket secara online atau minimarket seperti Indomaret/Alfamart yang lebih dekat jaraknya dari masyarakat. Jadi tidak perlu lagi mengantre di loket stasiun, ” imbaunya lagi.

Berdasarkan pantauan pemesanan tiket pada Jumat (28/2/2020) jam 12:00 WIB, kondisi ketersediaan tiket di wilayah PT KAI Daops 8 Surabaya pada umumnya masih banyak tersedia.

Adapun gambaran dari kondisi tiket angkutan Lebaran yang sudah bisa dipesan selama 15 hari (H-10 s/d H+3 atau 14 s/d 28 Mei 2020) di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya sebagai berikut:

  1. Jumlah total tiket yang sudah terjual selama 15 hari masa angkutan Lebaran 2020 di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya yang sudah bisa dipesan berjumlah total 60.111 tiket.
  2. Trend pemesanan tiket yang paling dominan di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya adalah pemesanan tiket untuk pemberangkatan KA setelah Hari Raya Lebaran 2020.* Hal ini mengingat bahwa Surabaya berada di wilayah timur Pulau Jawa.
    Seperti masa – masa angkutan Lebaran yang sebelumnya, bahwa trend penumpang pada masa angkutan sebelum Hari Raya Lebaran di dominasi oleh penumpang dari arah Barat ke Timur (Jawa Barat / Jakarta menuju Jawa Tengah / Jawa Timur). Sementara trend arus angkutan penumpang pasca/Setelah Hari Lebaran, didominasi oleh arus penumpang dari arah Timur ke Barat (Jawa Timur/ Jawa Tengah menuju Jakarta/ Jawa Barat).
  3. Dari 15 hari masa angkutan lebaran 2020 yang sudah terjual di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, maka pemberangkatan pada tanggal 27 Mei 2020 (H+2 setelah Lebaran) , merupakan hari yang paling terbanyak tiket dipesan di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya dengan jumlah pemesanan tiket sebanyak 9.693 tiket atau 53 % dari total tiket yang tersedia (18.408 tiket). Dengan tujuan yang favorit terbanyak adalah relasi Surabaya/ Malang ke Jakarta.
  4. Sementara untuk pemesanan tiket masa angkutan  Lebaran 2020 yang sebelum Hari Lebaran, tanggal favorit yang sudah dipesan adalah pada tanggal 21 Mei 2020 (H-3 Lebaran) dengan total angka pemesanan tiket sebanyak 7.102 buah atau 49 % dari total tiket yang tersedia (18.408 tiket).  Dengan tujuan favorit adalah relasi Surabaya/ Malang menuju Jakarta, Bandung dan Banyuwangi. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content