Artikel

Kreasi Masker Etnik Nusantara Tembus Pasar Luar Negeri

Blimbing (malangkota.go.id) – Hampir semua sektor ekonomi terdampak sejak pandemi global Covid-19 melanda wilayah Indonesia beberapa bulan lalu, tak terkecuali dunia fesyen. Namun dari kondisi tersebut justru membuat seorang desainer muda asal Kota Malang, Gerry Yo semakin terlecut untuk berkreasi dan berinovasi. Salah satu ide kreatif pria berusia 28 tahun ini yaitu dengan menciptakan masker etnik bernuansa Nusantara.

Kreasi masker etnik Nusantara buah karya Gerry Yo yang banyak diminati

Di sebuah butik kecil di bilangan Jl. Ikan Piranha Atas, Kecamatan Blimbing Kota Malang menjadi lokasi bagi Gerry yang dibantu beberapa rekannya untuk membuat masker unik dan kreatif. Memadukan dunia fesyen yang menjadi hasratnya selama ini, terciptalah masker cantik yang sekaligus menjadi pelengkap mahkota dan baju kreasi miliknya.

Keunikan bentuk, warna dan bahan yang dipililh menjadi faktor utama masker wajah karya Gerry Yo semakin laku di masa pandemi ini. Karena alasan bukan menjadi masker harian layaknya masker kesehatan, masker etnik ini harus dimodifikasi sebelum dapat digunakan setiap hari sebagai upaya mencegah penularan virus Corona.

Masker berbahan kain tebal yang juga dipasarkan secara daring ini dipatok mulai ratusan hingga puluhan juta rupiah. Masker inipun diminati sejumlah artis ibu kota seperti Dewi Persik, Titi DJ dan Reza Artamevia. Masker etnik ini juga dipesan oleh warga negara asing seperti dari Hongkong, Singapura, Malaysia, Jerman dan Amerika Serikat.

Sebenarnya Gerry telah menekuni dunia fesyen selama 3 tahun terakhir dan sudah banyak menghasilkan karya yang menakjubkan, seperti busana pesta dan busana kasual. Begitu juga dengan masker, dimana sebagian besar masker lama yang pernah dia buat kini dimodifikasi dengan berbagai model sehingga terkesan mewah dan menarik.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, Drs. Wahyu Setianto, MM mengaku sangat bangga dan mengapresiasi semua buah karya Gerry. PIa mengaku pihaknya akan terus memberikan pendampingan dan akan membantu apa yang menjadi kebutuhan Gerry, seperti halnya legalitas atau sarana pemasaran yang lebih luas yang melibatkan pemerintah maupun swasta. (say/yon)

You may also like

Skip to content