Klojen (malangkota.go.id) – Salah satu profesi yang terdampak adanya wabah Covid-19 adalah para pekerja seni, khususnya seniman lukis karena selama ini nyaris tidak ada wadah atau sarana untuk berekspresi. Menyikapi kondisi tersebut, dimotori oleh Sanggar Seni Asia Citra Perupa Kota Malang para seniman bersatu untuk menggelar pameran di lobi Kantor DPRD Kota Malang sejak tanggal 16-22 November 2020.

Pengunjung saat melihat koleksi lukisan yang dipamerkan

Tak kurang dari 100 lukisan yang merupakan karya dari puluhan seniman dipajang di pintu masuk gedung dewan. Tak hanya dari Malang Raya, seniman berbagai aliran dari Surabaya, Kediri, Bandung, Pekalongan, Probolinggo dan Yogyakarta turut serta barpartisipasi.

Bambang Randika Santoso selaku koordinator pameran, Selasa (17/11/2020) mengatakan jika gelaran ini menjadi wadah atau sarana bagi para seniman lukis untuk berekspresi karena selama wabah Covid-19 nyaris tidak ada aktivitas. Selain itu dengan pameran ini diharapkan dapat mengungkit ekonomi para seniman karena mereka juga dapat menjual hasil karyanya.

Ditambahkan pria yang akrab disapa Simbah itu, dengan adaya event ini setidaknya para seniman tetap bisa beraktivitas dan berkreasi serta kami ingin menjaring apresiasi dari masyarakat, khususnya pecinta seni lukis. “Kami pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya DPRD Kota Malang yang telah mewadahi dengan memberi tempat pameran bagi kami,” imbuhnya.  

Dari berbagai jenis lukisan yang dipamerkan ini diharapkan dapat memenuhi minat dan ketertarikan masyarakat dari berbagai kalangan. Tak hanya memajang dan menjual hasil karyanya para seniman lukis ini juga menerima pesanan lukisan berjenis aliran apapun bagi para pecinta seni lukis yang datang ke lokasi pameran.

Dari ratusan lukisan yang dipajang ini harganya sangat beraneka ragam, mulai rentang harga satu juta rupiah hingga 20 juta rupiah, tergantung besar kecil dan kesulitan dalam pembuatannya. Dari pengamatan di lokasi, sejumlah lukisan sangat menarik untuk menjadi koleksi, seperti lukisan berjulul Kuda Liar dan Warga Mengamen. (say/yon)

You may also like

Skip to content