Berita

Gandeng Bulog, Diskopindag Gelar Operasi Pasar dan Pasar Murah

Klojen (malangkota.go.id) – Dalam beberapa hari terakhir sejumlah harga kebutuhan pokok di Kota Malang mulai ada kenaikan, seperti telur ayam dari harga Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp23 ribu hingga Rp24 ribu. Begitu juga dengan daging ayam potong dari harga Rp33 ribu per kilogram naik menjadi Rp35 ribu.

Warga menyerbu sejumlah stan Operasi Pasar dan Pasar Murah yang digelar oleh Diskopindag Kota Malang di Kantor Kelurahan Gading Kasri

Terkait hal itu, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang menggelar operasi pasar dan pasar murah di lima tempat yang tersebar di lima kecamatan yang ada di Kota Malang. Menggandeng Perum Bulog Malang nantinya diharapkan sejumlah harga tidak terus merangkak naik terutama ketika menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Kepala Seksi Pengendalian dan Pengawasan Bidang Perdagangan Diskopindag Kota Malang, Luh Eka Wilantari, Rabu (18/11/2020) saat ditemui di pasar murah yang digelar di kantor Kelurahan Gading Kasri Kecamatan Klojen Kota Malang mengatakan jika gelaran ini menggunakan sistem kupon untuk menghindari aksi borong.

Setiap warga dibatasi pembeliannya serta dibagi dalam tiga gelombang setiap operasi pasar karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. “Kenaikan telur dan daging ayam potong ini, dari informasi yang kami terima diperkirakan dipicu karena naiknya harga pakan ternak,” imbuh Eka.

Sedangkan bawang merah dengan kualitas baik, kata dia, yang naik sekitar Rp3.000 dari harga normal Rp29.000 per kilogramnya dikarenakan adanya panen yang kurang baik. Di setiap lokasi operasi pasar dan pasar murah ini berbagai harga kebutuhan pokok dijual lebih murah dari harga pasar, yaitu selisih antara Rp1.000 hingga Rp2.000.

Lebih lanjut Eka menyampaikan, melalui gelaran ini daya beli masyarakat yang selama ini kurang baik akan meningkat serta untuk mengurangi tingkat keresahan masyarakat, ketika sejumlah harga mulai merangkak naik. “Operasi pasar dan pasar murah ini akan digelar kembali apabila sewaktu-waktu terjadi lonjakan harga lagi,” ungkapnya.

Salah satu warga Kelurahan Gading Kasri, Patmisari yang mendapat kupon dan berkesempatan berbelanja sejumlah kebutuhan mengaku sangat terbantu dengan adanya gelaran ini. Perempuan berhijab ini juga menyampaikan terima kasih karena saat beberapa harga kebutuhan naik, Pemerintah kota Malang hadir di tengah-tengah masyarakat. (say/yon)

You may also like

Skip to content