Berita

Dorong Penghijauan dan UKM, Kampung Telang Arjowinangun Mantapkan Potensi Kreatif Malang Timur

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko bersama dengan Komandan Koramil, Kapolsek, Lurah Arjowinangun, tokoh-tokoh masyarakat dan organisasi terkait melaksanakan penanaman pohon pule di Puri Cempaka Putih RW 05, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkadang, Sabtu (09/01/2021)

Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko bersama dengan Komandan Koramil, Kapolsek, Lurah Arjowinangun, tokoh-tokoh masyarakat dan organisasi terkait melaksanakan penanaman pohon pule

Kegiatan penanaman pohon pule ini merupakan bagian dari kegiatan penghijauan, melestarikan alam, sekaligus membangun kebiasaan untuk merawat lingkungan. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi budaya kita yakni budaya gemar menanam dan gemar merawat pohon.

Setelah menanam pohon pule, warga RW 5 Kelurahan Arjowinangun pun mengajak Wakil Walikota untuk berkeliling melihat beberapa spot di kawasan RW 5 Kelurahan Arjowinangun yang kaya akan potensi seperti adanya bank sampah, warga yang menekuni bonsai, urban farming yang dikembangkan oleh ibu ibu warga setempat, budidaya, serta UKM dan IKM yang cukup maju.

“Salah satu yang menarik ada keinginan warga RW 5 Kelurahan Arjowinangun kawasan ini menjadi kawasan tematik yakni Kampung Telang. Telang sendiri adalah tumbuhan yang bisa di olah untuk minuman dan makanan serta mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.” kata Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat diwawancarai disela-sela kegiatan penanaman.

Bapak Wakil Walikota Malang mengapresiasi bahwa warga masyarakat di sini ada yang melakukan kegiatan budidaya seperti budidaya yang berkaitan dengan makanan ringan (kripik buah), budidaya ikan lele dan nila, ada kebun bibit untuk sayur-sayuran yang mana hasilnya dijual baik kepada warga dan supermarket.

“Selanjutnya yang menarik bahwa IKM masyarakat di sini khususnya kripik buah yang telah melakukan ekspor ke Singapura, saat pandemi seperti ini justru usaha-usaha kecil industri rumah tangga justru eksis, mampu beradaptasi, mampu bertahan dan melakukan ekspor, ini sungguh luar biasa.” Apresiasi beliau setelah berkeliling bertemu dan berinteraksi dengan warga sekitar.

Dalam kesempatan ini Bapak Wakil Wali Kota meninjau lansung dan memohon dukungan semua pihak karena RW 5 Kelurahan Arjowinangun ini nantinya akan menjadi wakil Kota Malang untuk lomba ProKlim secara nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2021.

“Kalau kampung ini menjadi Kampung Tematik Telang, di sokong dan didukung dengan usaha-usaha kreatif yang lain maka sebetulnya kawasan ini berpotensi untuk menjadi destinasi kunjungan wisata di wilayah timur yang masih jarang.” Tambah beliau saat bercerita tentang kegiatan ini. Beliau berharap langkah yang dilakukan Arjowinangun bisa mengerakkan sektor wisata di timur sisi selatan pasca pembangunan jembatan Kedungkandang.

Tidak lupa beliau berpesan bahwa saat ini kita masih dalam masa pandemi, dan pandemi ini tidak memandang bulu. Pandemi ini nyata, pandemi ini ada, jadi dimanapun kita berada harus 3M. Karena ciri khas covid ini adalah menular, jadi semua perlu saling mengingatkan semua agar kita semua sehat. Beliau pun menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang terus semangat, optimis dalam mengahadapi pandemi. Pak wawali berpesan untuk selalu menjaga daya tahan tubuh (imun) dengan perasaan suka dan hati yang senang.

You may also like

Skip to content