Berita

Wali Kota Sutiaji: Tumbuh Kembang Anak Dipengaruhi Faktor Lingkungan

Malang, (malangkota.go.id) – Tumbuh kembang anak salah satunya dipengaruhi faktor lingkungan. Di sinilah peran dan tugas berat para orang tua maupun tenaga pengajar. Dalam konteks ini, setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Hal itu yang disampaikan Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat menjadi salah satu narasumber dalam acara bimbingan teknis implementasi steam (science, technology, enginering, art and mathematics) pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (10/03/2021).

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menyampaikan pentingnya pendidikan PAUD

Pembelajaran ini agar anak dapat mengenali jati dirinya, sehingga diperlukan penguatan keimanan dan karakter anak. Anak didik ibarat tumbuhan. “Mempengaruhi mereka ya, tinggal kita sebagai orang tua dan atau juga guru mau mengarahkan ke mana,” imbuh pria berkacamata itu.

Lebih jauh dia mengatakan PAUD adalah pendidikan penting karena sangat mendasar dan merupakan investasi pendidikan yang sangat dibutuhkan. “Jika keimanan anak kuat maka akan berpikir maju, berprestasi dan kelak kehidupannya akan lebih baik,” urainya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Suwarjana, SE., MM mengatakan gelaran ini untuk memberikan penekanan terhadap pentingnya menerapkan manajemen pembelajaran di satuan pendidikan yang berbasis steam. Sehingga dapat mendukung tercapainya kurikulum yang bermuatan higher order thinkink skill (hots).

“Sehingga harapan dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi bagi guru. Hal ini dalam rangka perbaikan dan peningkatan layanan profesional guru dalam menangani proses pembelajaran berbasis penguasaan teknologi, serta seni dengan melakukan refleksi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serra pemajuan kebudayaan,” imbuhnya.

Sebagai rencana tindak lanjut dari kegiatan melalui perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun 2021 atau anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2022, terang Suwarjana, akan dilaksanakan penilaian kepada satuan PAUD yang terbaik dalam menerapkan steam dan kepada gugus yang berhasil menyosialisasikan steam kepada semua anggota. (say/ram)

You may also like

Skip to content