Berita

ASN Pemkot Malang Digembleng Pahami Data Statistik

Klojen, (malangkota.go.id) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang menggelar acara peningkatan kapasitas sumber daya manusia pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu statistik daerah yang terintegrasi di The Singhasari Resort Batu, Kamis (18/3/2021).

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat memberi pengarahan di The Singhasari Resort Batu

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji sangat mengapresiasi upaya Diskominfo dalam meningkatkan mutu statistik daerah. Karena selama ini pihaknya sangat bergantung kepada Badan Pusat Statistik (BPS) dalam menentukan arah kebijakan pembangunan Kota Malang. “Saya selalu gunakan statistik, baik sebagai bahan bandingan dan starting poin dalam mengambil kebijakan,” jelas Sutiaji.

Ia meminta semua peserta memanfaatkan pembinaan yang dilakukan Diskominfo dengan sebaik-baiknya. Sutiaji juga berharap kegiatan ini tidak hanya seremonial, tetapi ke depan harus bisa membawa banyak manfaat.

Dulu, kata Sutiaji, dirinya sering menganggap statistik itu rumit dan tidak bermanfaat. Namun setelah bersentuhan langsung dengan statistik dan banyak berdiskusi terkait statistik akhirnya ia tahu statistik sangat penting.

“Tidak semua aparatur sipil negara (ASN) di Kota Malang mendapatkan kesempatan bisa belajar langsung seperti ini. Saya berharap kegiatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya,” tegas Sutiaji.

Lebih lanjut wali kota menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan ke depan akan semakin ada kesamaan persepsi dalam rangka penyelenggaraan statistik sektoral. Antara seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Malang dengan Diskominfo Kota Malang. Data yang berkualitas, akurat, dan relevan sangat dibutuhkan dalam menyusun perencanaan, evaluasi, dan membuat keputusan dan memformulasikan kebijakan agar tepat sasaran dan akhirnya tujuannya tercapai.

“Sampaikan dan diskusikan dengan narasumber jika ada persoalan dalam mengolah data saat bertugas sehari hari. Agar segera mendapatkan solusi,” ujar Sutiaji. (cah/ram)

You may also like

Skip to content