Berita

Bangun Sekolah Baru, Kota Malang Targetkan IPM di Tahta Nasional

Malang (malangkota.go.id) – Sebagai pelayan publik, pemerintah daerah yang di antaranya terdiri dari bupati/wali kota dan DPRD harus melaksanakan tugas-tugas negara, seperti pemenuhan sarana prasarana pendidikan.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji sampaikan pentingnya ketersediaan sarana prasarana pendidikan sebelum acara peletakan batu pertama pembangunan SMPN 28 Malang di Jalan Sadewo Polehan Kecamatan Blimbing

Hal itu yang disampaikan Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji usai acara peletakan batu pertama pembangunan SMPN 28 Malang di Jalan Sadewo Polehan, Kecamatan Blimbing, Rabu (30/6/2021). Langkah ini, menurutnya, tidak hanya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Malang tapi untuk meningkatkan indek pembangunan manusia (IPM).

Terkait hal tersebut, IPM Kota Malang saat ini 81 persen sedangkan nasional 74 persen. Kota Malang berada di posisi kedua di tingkat Provinsi Jawa Timur setelah Surabaya yang saat ini sekitar 82 persen. “Kami terus berupaya agar IPM ini terus meningkat agar bisa nomor satu di tingkat Provinsi Jawa Timur dan bahkan secara nasional,” imbuh Sutiaji.

Ditambahkan pria berkacamata itu, untuk merealisasikan semua itu, salah satu upayanya yaitu dengan meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat. “Namun mutu dan kualitas pendidikan terus kita genjot. Seperti pada tahun ini setidaknya ada tiga sekolah SMA yang akan dibangun dan atau diperbaiki. Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk hal itu,” sambung Sutiaji.

Meski demikian, kata dia, pihaknya tetap akan melakukan kajian dan skala prioritas terkait hal tersebut. Sehingga sarana prasarana sekolah benar-benar efektif. Koordinasi juga dilakukan sehubungan dengan adanya sejumlah permasalahan yang dialami sekolah SMA/SMK swasta, di antaranya terkait saat penerimaan siswa baru yang peminatnya minim dan bahkan tidak dapat siswa.

Lebih jauh orang nomor satu di Pemkot Malang itu menyampaikan, jika dunia pendidikan menjadi salah satu program prioritasnya karena menjadi pondasi yang kuat bagi calon generasi bangsa. “Jangan sampai anak-anak usia sekolah, tidak dapat mengenyam pendidikan dengan baik serta layak. Berjejaring dengan jajaran DPRD Kota Malang serta dinas pendidikan, ke depan kami akan lebih optimalkan lagi ketersediaan sarana prasarana dunia pendidikan,” urai Suitaji.

Di pihak lain, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana, SE., MM membenarkan pernyataan Wali Kota Malang itu. Pihaknya pun berkomitmen akan memenuhi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dalam dunia pendidikan. “Seperti halnya pembangunan sekolah kali ini, yang juga merupakan kebutuhan masyarakat di sini,” pungkasnya. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content