Berita Pelayanan Publik Sosial dan Kesra

Kukuhkan Bunda PAUD, Sutiaji: Tidak Semua Punya Kesempatan Mengabdi

Malang, (malangkota.go.id) – Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD dan Bunda PAUD Kecamatan, Bunda PAUD Kelurahan se-Kota Malang dilantik dan dikukuhkan di Mini Block Office Balai Kota Malang, Kamis (7/10/2021). Pokja Bunda PAUD dan Bunda PAUD Kecamatan serta Bunda PAUD Kelurahan se-Kota Malang ini dikukuhkan oleh Bunda PAUD Kota Malang Widayati, S.Sos., MM disaksikan oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji ketika memberikan sambutan pada acara Pokja

“Tidak semua orang diberikan kesempatan untuk mengabdi. Ini adalah amanah yang luar biasa. Ini adalah tugas besar dan tugas mulia,” tutur Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji.

Disampaikannya, pokja ini menjadi wahana dalam menata nasib bangsa Indonesia ke depan dengan membentuk manusia-manusia unggul. “Ayo kita kuatkan! Mudah-mudahan amanah ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” harapnya.

Sutiaji mengungkapkan, ada tiga hal yang menjadi kunci keberhasilan, yakni punya keyakinan atau idealisme. Kedua, Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD harus memiliki cara atau strategi yang tepat karena di tiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda. Ketiga adalah kompak, rukun, dan saling bantu-membantu.

Drs. H. Sutiaji memberikan wejangan pada acara Pokja Bunda Paud Kota Malang

Dalam penerapannya, ditambahkan Sutiaji bahwa nantinya Bunda PAUD ini tidak hanya sekadar mengajar saja, tetapi juga melihat bagaimana asupan gizi anak usia dini dan lain-lain. Peningkatan pendidikan usia dini instrumennya dikatakannya ada banyak, salah satunya dari asupan gizi, bagaimana metodologi yang diterapkan pada PAUD dan lain-lain.

“Karena itulah ada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai leading sector, ada Dinas Kesehatan serta DinsosP3AP2KB,” imbuhnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Malang Widayati berpesan kepada Pokja Bunda PAUD dan Bunda PAUD Kecamatan serta Bunda PAUD Kelurahan se-Kota Malang yang baru dikukuhkan supaya segera bergerak cepat dengan langkah awal adalah membuat program kerja. Pokja Bunda PAUD harus bersinergi dengan Bunda PAUD menyukseskan satuan PAUD yang ada di Kota Malang menuju satuan PAUD yang berkualitas.

Foto bersama pada acara Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD dan Bunda PAUD Kecamatan, Bunda PAUD Kelurahan se-Kota Malang

“PAUD berkualitas ini merupakan program nasional sehingga daerah harus turut menyukseskan. Untuk mendukung hal tersebut, saya berharap di era digitalisasi seperti saat ini semuanya harus berbasis IT, salah satunya adalah pembuatan laporan. Jadi, nanti akan menggandeng Dinas Kominfo yang akan membuatkan dashboard aplikasinya,” jelasnya.

Kalau pokja ini sudah berjalan dengan baik, dikatakannya maka nantinya akan segera membentuk PAUD holistik integratif yang kegiatannya lebih menyeluruh yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat.

Ketua Pokja PAUD Kota Malang yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Suwarjana, SE., MM akan berupaya maksimal dengan mengerahkan potensi yang ada secara optimal dengan mengedepankan pola bekerja bersama, bersama bekerja agar harapan pembina sekaligus Wali Kota Malang, Bunda PAUD Kota Malang serta masyarakat luas dapat terwujud. (yon/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content