Berita Ekonomi Kerakyatan Ekonomi Kreatif

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemkot Malang Pamerkan Produk UMKM di Sarinah

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dalam hal ini Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP) menggelar Pameran Ekonomi Kreatif dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di lantai 2 Sarinah Malang, Rabu (29/12/2021).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Malang Drs. Mulyono, M.Si menyampaikan sambutannya

Pameran yang bertema ‘Malang Retro Back to 60’s-90’s’ ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Malang Drs. Mulyono, M.Si. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemkot Malang dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Pameran ini akan berlangsung mulai 29-31 Desember 2021. Kami berharap akan menjadi bagian dari embrio menumbuhkan ekonomi Kota Malang, terutama melalui UMKM. Memang kita perlu banyak memasarkan produk UMKM, yang notabene bisa menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi,” ujar Mulyono.

Selain itu, dia juga berharap kegiatan ini menjadi awal yang baik. Karena kolaborasi sangat dibutuhkan untuk menyukseskan tujuan yang ingin dicapai Pemkot Malang. Kolaborasi Pemkot Malang dengan berbagai pihak, seperti perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), media, dan akademisi bisa menjadi bagian dari multiplier effect.

“Meskipun melalui gelaran kecil. Namun kolaborasi dan sinergi itu bisa mempunyai dampak dan imbas yang luas. Kota Malang dengan potensi ekonomi kreatif yang sangat luar biasa, seperti sektor gim dan aplikasi, jika kolaborasinya diperkuat akan mendorong produk UMKM,” ujarnya.

Melalui kolaborasi, sambungnya, akan mendatangkan lebih banyak pembeli potensial yang mempunyai daya beli. “Monggo kita branding ulang ekonomi Kota Malang dengan ciri khasnya. Sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal kita,” tutup Mulyono.

Pameran ini diikuti 34 peserta yang terdiri dari institusi, komunitas ekonomi kreatif, dan pelaku UMKM Kota Malang. Selain pameran, kegiatan akan dimeriahkan dengan parade musik, fashion show anak, talk show dan lainnya.

Turut hadir pada acara ini, Kepala Bappeda Kota Malang Dwi Rahayu, SH., M.Hum, Plt. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang Sri Winarni, SH., MM, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang Muhammad Sailendra, ST., MM, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Malang Dr. Ida Ayu Made Wahyuni, SH., M.Si, pimpinan PLN UP3 Kota Malang, dan lainnya. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content