Artikel

Gendang Made in Lesanpuro Diminati Mahasiswa Asing

Kedungkandang, (malangkota.go.id) – Kegigihan Arik Sugianto warga Jalan Lesanpuro, Gang 12 Kelurahan Lesanpuro dalam menekuni pembuatan gendang hingga namanya semakin berkibar di blantika ahli gendang Indonesia. Produk arek Malang ini sangat diminati pembeli dalam negeri dan luar negeri, terutama mahasiswa asing.

Arik saat membuat gendang

Arik Sugianto mengungkapkan, selama ini kiblat pembuat gendang banyak dikenal dari Solo dan Yogyakarta. Tetapi peta saat ini sudah berubah, gendang buatan Lesanpuro sudah membuktikan di Indonesia tidak kalah kualitas.

“Banyak yang terkejut saat ini ternyata gendang buatan warga Kelurahan Lesanpuro dari segi kualitas tidak kalah bagus dibanding buatan daerah lain. Ini menjadikan kami semakin bersemangat berkarya,” jelas Arik, Selasa (11/1/2022).

Pesanan, kata Arik, tidak hanya dari Indonesia saja. Namun ada juga dari Australia dan Amerika Serikat. “Pesanan gendang dari luar negeri biasanya berasal dari mahasiswa asing, ataupun para pegiat seni dari luar negeri yang pernah ke Indonesia. Biasanya mereka tertarik dengan gendang buatan Lesanpuro karena kualitasnya istimewa,” ujar Arik.

Berbagai jenis gendang yang dibuat, mulai dari gendang Jawa Timuran, gendang Jaipong, gendang Banyuwangi, gendang Malangan. Meski secara kualitas bisa bersaing dengan gendang buatan dari daerah lain, baik dari Solo dan Yogyakarta. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content