Berita Pelayanan Publik

Bank Indonesia Malang Luncurkan Mobil Penukaran Uang

Malang, (malangkota.go.id) – Setiap tahun menjelang Hari Raya Idulfitri, masyarakat mempunyai tradisi menukar uang pecahan dan dari cetakan baru untuk dibagi-bagikan kepada sanak saudara. Kondisi inilah yang menjadi salah satu pemicu bagi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Malang untuk memfasilitasi kebutuhan warga masyarakat tersebut. Sehingga pada Senin (25/4/2022) diluncurkan sejumlah mobil untuk melayani penukaran uang baru.

Kepala Bank Indonesia Malang, Samsun Hadi secara simbolis mengawali penyerahan uang baru yang ditukarkan warga

Menggandeng beberapa perbankan, mobil-mobil tersebut ditempatkan di area Universitas Negeri Malang hingga tanggal 28 April mendatang. Pelayanan yang dibuka sejak pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB ini setiap hari akan melayani 300 warga yang sebelumnya sudah mendaftar di aplikasi pintar. Selain itu setiap warga harus menunjukkan kartu identitas dan setiap hari dapat menukarkan uang maksimal Rp3,8 juta.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Malang, Samsun Hadi menyampaikan, warga juga dapat menukarkan uang baru di sejumlah perbankan dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang ditunjuk Bank Indonesia. “Sehingga tempat penukaran lebih menyebar dan tidak memicu kerumunan atau antrian panjang karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Drive thru ini paling tidak dapat mempercepat mobilitas masyarakat agar tidak terlalu menumpuk dan cepat bergerak. Sehingga kami bekerja sama dengan beberapa perbankan yang membantu ini untuk melayani masyarakat secara drive thru. Walaupun ini mungkin kurang maksimal dalam melayani masyarakat, tapi paling tidak dapat membantu masyarakat yang membutuhkan penukaran uang baru,” imbuh Samsun.

Pihaknya pun mengimbau warga agar jangan menukar uang di tempat-tempat yang tidak resmi, seperti halnya di pinggir-pinggir jalan. Karena di tempat tersebut rawan beredar uang palsu dan penipuan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Layanan ini, kata dia, sekaligus untuk menekan dan mencegah beredarnya uang palsu di masyarakat. Sedangkan dari uang Rp4,6 triliun yang disiapkan Bank Indonesia Malang selama Ramadan hingga hari raya hingga saat ini sudah terserap 50 persen. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content