Anak Berita

Forum Anak Kota Malang Susun Suara Anak Indonesia

Malang, (malangkota.go.id) – Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 23 Juli 2022, Forum Anak Kota Malang menyusun Suara Anak Indonesia Tingkat Kota Malang di Sekretariat Forum Anak Kota Malang, Sabtu (18/6/2022). Tujuan acara ini sebagai representatif peran Forum Anak sebagai wadah menyalurkan aspirasi, keinginan, dan kebutuhan anak-anak yang ada di Kota Malang.

Penyusunan Suara Anak Indonesia Tingkat Kota Malang

Ketua Forum Anak Kota Malang, Khailila Arumdapta mengatakan, melalui program Suara Anak Kota Malang ini, diharapkan, aspirasi anak-anak di Kota Malang bisa tersampaikan kepada pemerintah, dengan dijembatani oleh Forum Anak. Di mana forum ini adalah organisasi yang bergerak di bidang pemenuhan hak anak yang berasal dari anak, oleh anak, dan untuk anak.

“Tahun ini, Suara Anak Kota Malang akan dijaring melalui dua metode, yaitu jajak pendapat dan juga observasi langsung. Metode pertama yaitu jajak pendapat, akan dilakukan melalui program Suara Fajar yang diinisiasi oleh Forum Anak Jawa Timur,” ujar Khailila Arumdapta.

Program Suara Fajar merupakan bentuk kerja sama dengan mitra UNICEF Indonesia, U-Report, dalam menjaring jajak pendapat. Program yang dilaksanakan mulai 30 Maret sampai 27 April 2022 tersebut, berhasil menjaring 981 responden anak-anak Kota Malang untuk berpartisipasi menyampaikan suaranya.

Sedangkan metode kedua yang digunakan adalah observasi langsung yang dilakukan Forum Anak sampai dengan tingkat kelurahan. Dengan pengamatan langsung di lingkungan sekitarnya, diharapkan dapat mewakili kondisi anak-anak secara lebih kompleks.

Nantinya, hasil dari Suara Anak Kota Malang Tahun 2022 ini dijadikan bahan untuk penyusunan Suara Anak Kota Malang Tahun 2022 dan juga Suara Anak tingkat provinsi. Selain itu, juga menjadi bahan ketika nantinya Forum Anak Kota Malang berkesempatan melakukan audiensi bersama pemangku kebijakan sebagai bentuk peran Forum Anak sebagai Partisipasi Anak dalam Proses Pembangunan (PAPP).

Selain itu, Arum juga menambahkan, adanya deklarasi Suara Anak Kota Malang ini juga bertujuan untuk mendukung Kota Malang sebagai kota ramah anak. “Sesuai dengan peran forum anak sebagai 2P (pelopor dan pelopor) serta Partisipasi Anak dalam Proses Pembangunan (PAPP), adanya kegiatan ini mendukung Kota Malang menuju Kota Ramah Anak,” pungkasnya. (ayu/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content