Berita Kesehatan

Jelang Hari Raya Iduladha, Dispangtan Gencar Edukasi Wabah PMK

Blimbing (malangkota.go.id) – Menjelang Hari Raya Iduladha, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang gencar melakukan edukasi terkait wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Diseminasi antemortem dan postmortem dalam situasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK)

Kepala Dispangtan Kota Malang Sri Winarni, SH., MM mengungkapkan, kegiatan ini adalah rangkaian dari persiapan menyambut Hari Raya Iduladha dengan melakukan diseminasi antemortem dan postmortem.

“Hari ini kami berbagi ilmu kepada para takmir masjid di Kota Malang yang nantinya akan menjadi panitia penyembelihan hewan kurban,” jelas Sri Winarni di kantornya, Senin (21/6/2022).

Pihaknya memberikan edukasi tentang bagaimana cara pemeriksaan antemortem dan postmortem. Sehingga pada saat penyembelihan hewan kurban, masyarakat sudah mengerti tentang wabah PMK ini. Karena ini merupakan rangkaian kegiatan dari Dispangtan, maka setelah ini juga akan dilakukan tindak lanjut.

“Ke depan akan ada pemeriksaan kesehatan hewan kurban di lapak-lapak penjualan hewan kurban,” terang Sri Winarni.

Tahapan berikutnya, kata dia, pendampingan dan monitoring di tempat-tempat penyembelihan hewan kurban. Mulai H-1 sampai hari penyembelihan hewan kurban.

Hadir sebagai narasumber dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Malang, BBPP Songgoriti dan diikuti 50 peserta dari lima kecamatan yang ada di Kota Malang. “Kami berharap setelah mengikuti kegiatan ini para peserta bisa berbagi ilmu di wilayah masing-masing. Sehingga ilmunya bisa lebih banyak lagi membawa manfaat,” tegas Sri Winarni. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content