Berita Pelayanan Publik

Tingkatkan Layanan, Polresta Malang Kota Miliki Aplikasi Jogo Malang Presisi

Malang, (malangkota.go.id) – Polresta Malang Kota memiliki aplikasi pelayanan masyarakat bernama Jogo Malang Presisi. Aplikasi ini merupakan hasil pengembangan dari aplikasi sebelumnya, yakni Jogo Malang yang dirintis sejak 2015, yang dimulai dengan Panic Button on Hand.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji memberikan apresiasi atas inovasi aplikasi Jogo Malang Presisi dan TACS 

“Kami upgrade Jogo Malang Presisi ini dengan konsep integrasi dan kolaborasi. Kami mengintegrasikan sembilan rumah sakit dan 15 instansi pemerintah dan melakukan kolaborasi bersama-sama,” ungkap Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto usai penandatanganan MoU antara Polresta Malang Kota dengan instansi terkait untuk pengelolaan aplikasi Jogo Malang Presisi di Ballroom Sanika Satyawada Polresta Malang Kota, Selasa (2/8/2022).

Kombes Pol Buher, panggilan akrab Kapolresta Malang Kota, mencontohkan bila ada menemukan persoalan masyarakat, seperti saat ada masyarakat yang membutuhkan rumah sakit maka masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi untuk mendapatkan rumah sakit, penjemputan ambulans, hingga pengurusan BPJS Kesehatan.

Demikian juga saat terjadi kecelakaan lalu lintas, maka Unit Laka Lantas juga akan bersinergi dengan Dishub, rumah sakit, dan Jasa Raharja. Budi bahkan menuturkan, jika aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melaporkan adanya pemasangan kabel yang tidak tepat, pohon tumbang akan terfasilitasi dengan menghubungkannya ke pihak terkait.

“(Dengan aplikasi ini) tidak ada lagi yang bekerja sendiri-sendiri. Kita ketahui bahwa jika kamu ingin berjalan cepat ya silakan jalan sendiri, tapi kalau ingin berjalan jauh ayo kita jalan sama-sama. Artinya dengan integrasi dan kolaborasi dengan 24 instansi akan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi bukan lagi milik Polresta Kota Malang, namun milik Pemerintah Kota Malang, miliki orang Malang, milik masyarakat Malang,” ujarnya.

Ke depan, Buher bermaksud untuk terus berencana jika setiap orang yang masuk wilayah Malang Kota secara otomatis akan mendapatkan pemberitahuan melalui untuk mengunduh aplikasi Jogo Malang Presisi ini. Aplikasi ini juga bermanfaat bagi wisatawan untuk mendapat informasi tentang pusat kuliner, tempat wisata, tempat ibadah, ATM.

“Kami bekerja sama dengan PHRI. Selain itu, juga disediakan menu untuk melihat 180 titik CCTV yang dimiliki Diskominfo Kota Malang untuk memantau lalu lintas jalan raya. Ada juga layanan pengaduan masyarakat yang kami sudah kerja sama dengan wali kota dan DPRD. Sifat dari aplikasi juga selalu ada pembaruan. Tadi sudah sempat sampaikan juga ke Kajari ke Dandim terkait Kampung Pancasila dan Kampung Restorative Justice untuk coba disimulasikan untuk masuk dalam Jogo Malang Presisi,” terangnya.

Budi juga mengungkapkan, bahwa aplikasi ini sudah dioperasikan kendati baru hari ini penandatanganan MoU dilakukan. Pihaknya berharap masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi ini. Selain itu juga untuk membantu pemerintah menuju smart city. Aplikasi ini bisa diunduh melalui PlayStore dan untuk IOS masih dalam proses.

“Kami juga meminta 840 personel untuk mengunduh dan mengaktifkan GPS sehingga bisa terpantau di Ngalam Command Center (NCC). Ini salah satu cara untuk mengukur analisis beban kinerja personel. Sehingga ada masyarakat yang membutuhkan, maka kita akan melihat siapa personel yang terdekat. Harapannya masyarakat itu ada dua saat menemukan persoalan, yaitu direspons atau ditangani dengan cepat dan yang kedua ada interaksi, komunikasi dua arah. Untuk saat ini ada sekitar 10 hingga 15 laporan setiap hari yang masuk,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji mengapresiasi inovasi aplikasi Jogo Malang Presisi dan TACS karena akan bermanfaat bagi masyarakat. “Selamat dan sukses untuk Polresta Malang Kota. Mari terus berbenah kita semua. Gayung bersambut, semuanya dalam rangka menjaga bagaimana Indonesia tetap berkibar. Malang ini milik kita semua sehingga apapun yang terjadi ayo gayung bersambut. Sehingga apa yang saat ini dilakukan, diinisiasi dapat terus menerus kita evaluasi,” tuturnya.

Sutiaji pun meminta semua instansi yang terlibat dalam aplikasi ini harus selalu siap memperbarui data sehingga memberi informasi terbaru bagi masyarakat. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content