Malang, (malangkota.go id) – Menggandeng berbagai pihak, kelompok masyarakat ‘Pradojo’ Kelurahan Rampal Celaket menggelar acara berlabel Festival Kampung Tjelaket pada Sabtu (27/8/2022) di halaman Balai RW Kelurahan Rampal Celaket. Berbagai acara pun dilaksanakan, seperti permainan tradisional, paduan suara, tari tradisional dan bazar bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kaum Muda Kelurahan Rampal Celaket Unjuk Kebolehan Sebagai Pada Acara Festival Kampung Tjelaket, Sabtu (27/8/2022).

Berbagai perhelatan tersebut sebagai wujud rasa syukur warga atas berkah kesehatan, rezeki dan keguyuban yang terbangun dengan baik selama ini. Selain itu, perayaan ini juga untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dan peringatan ke-35 tahun Kelurahan Rampal Celaket. Sehingga diharapkan dari berbagai acara tersebut membuat masyarakat semakin guyub dan maju bersama.

Beberapa hal itu yang disampaikan Sekretaris Pelaksana Acara, Ahmad Winarto saat ditemui di sela-sela acara. Menurutnya, awalnya gelaran seperti ini berlabel Rampal Celaket Bersyukur atau kalau di desa sama dengan acara bersih desa. “Dari acara rutin ini kami mengakomodir semua potensi masyarakat, mulai dari seni budaya, pelaku UMKM, pendidikan dan kesehatan,” jelasnya.

Ditambahkan pria yang juga sekretaris kelompok masyarakat Prasojo itu, perhelatan ini bisa dikatakan semacam provokasi agar masyarakat bergerak, terutama dalam menjaga seni budaya warisan leluhur. “Kami sengaja memprovokasi masyarakat seperti ini sehingga ke depan kami harapkan semua sektor kehidupan masyarakat lebih kuat dan lebih baik lagi,” urai Winarto.

Lebih jauh dia mengatakan jika panitia lebih banyak melibatkan kauk muda karena mereka generasi masa yang harus mempunyai karakter dan jiwa kepemimpinan yang kuat, terutama dalam upaya mewarisi seni tradisi. “Sedangkan keterlibatan pelaku UMKM untuk terus menguatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir,” pungkas Winarto. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content