Berita Disabilitas

Gandeng Difabel, Hamparan Rintik Gelar Pameran Kriya Tekstil

Malang, (malangkota.go.id) – Akhir pekan ini, ada sebuah event menarik yang layak untuk dijadikan pilihan mengisi waktu Nawak Ngalam. Ada sebuah pameran seni kriya tekstil yang digagas oleh Hamparan Rintik bekerja sama dengan Komunitas Omah Gembira. Pameran ini bertajuk Jelang Julang. Kegiatan ini diselenggarakan 30 September hingga 2 Oktober 2022 di @SO! Creative Hub, Jalan Majapahit Kota Malang.

Pameran Kriya Tekstil bertajuk Julang untuk mengapresiasi perajin kriya tekstil karya penyandang disabilitas

Fikrah Ryanda Saputra, perintis Hamparan Rintik yang juga menjadi penggagas acara ini mengungkapkan ini adalah kali kedua Jelang Julang diadakan. “Jelang artinya menyambut, julang artinya tinggi. Pameran ini diadakan untuk mengapresiasi perajin kriya tekstil dan menumbuhkan optimisme untuk terus berkarya. Pameran ini diselenggarakan untuk menyambut harapan tinggi bagi teman-teman perajin. Kalau tahun lalu kita gandeng perajin kain dari Kota Malang dan Kabupaten Malang. Sekarang kita gandeng teman-teman perajin yang disabilitas,” ungkap pria yang akrab disapa Fiko ini, Jumat (30/9/2022).

“Kali ini ada peserta yang mengikuti pameran kain ada 25 orang. Dan ini semua penyandang disabilitas. Dengan pameran ini diharapkan dapat menjadi peluang bagi teman-teman untuk berkembang, berkelanjutan dengan gerak bareng-bareng,” ujarnya.

Lebih lanjut Fiko menuturkan bahwa untuk pra acara pameran ini telah diadakan serangkaian pelatihan membatik kepada para difabel. “Kita bikin pelatihan dulu sejak empat bulan lalu. Tema produknya Kriya Gembira, jadi harus full color. Secara garis besar ada tiga teknik yang digunakan yakni ecoprint,  shibori, dan batik dengan kuas karena kebih mudah bagibteman-teman disabilitas,” katanya.

Fiko menuturkan bahwa setelah pelatihan itu juga, produk karya difabel ini dikumpulkan dan dijual. Hasil penjualan ini digunakan untuk menggelar pelatihan-pelatihan yang awalnya didanai oleh beberapa donatur. Dirangkaikan dengan pameran ini, juga diadakan berbagai macam acara, workshop, dan kelas yang melibatkan para difabel. Seperti siang ini diadakan penampilan mendongeng dari Komuitas Tuli Mendongeng.

Untuk diketahui Hamparan Rintik adalah sebuah brand fesyen yang memproduksi kain shibori, batik, dan ecoprint di Kota Malang. Sementara Omah Gembira komunitas sukarelawan pemerhati penyandang disabilitas. Keduanya berkolaborasi menggelar rangkaian pelatihan dan pameran ini dengan dibantu oula beberapa komunitas dan sukarelawan yang mayoritas adalah mahasiswa. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content