Malang, (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menjadi pemimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 di Balai Kota Malang, Kamis (10/11/2022). Tema Hari Pahlawan tahun ini adalah Pahlawanku Teladanku.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menjadi pemimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022

Wali Kota Sutiaji mengajak semua generasi penerus untuk meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para pahlawan.

“Saya kira secara makro bahwa tema ini adalah Pahlawanku Teladanku jadi apa yang menjadi kegiatan dan prinsip hidup, perjuangan perlu kita teladani,” ujar Sutiaji.

Menurutnya, pesan-pesan yang disampaikan para pejuang merupakan sebuah keberanian untuk menyuarakan isi hati untuk melakukan gerakan. Wali kota mengingatkan bahawa tidak ada manusia yang hebat, karenanya dibutuhkan kebersamaan. “Persatuan dan kesatuan menjadi komitmen kita semua. Kita perlu kolaborasi, perlu kita akselerasi,” serunya.

Dengan semangat dan nilai luhur pahlawan untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara, tentu pada agama, Sutiaji juga mengajak untuk memerangi isu global bersama.

“Mudah-mudahan di situasi rumit, isu global dunia yang menjadi pertimbangan kita semua. Krisis pangan, krisis energi, dan krisis ekonomi. Ini harus kita perangi dengan menghilangkan ego. Bahwa apa yang ada pada diri kita itu adalah milik dari orang di sekitar kita juga,” ungkapnya.

Selain itu, Wali Kota Sutiaji juga membacakan amanat dari Menteri Sosial, Tri Rismaharini. Dalam amanatnya ini, mensos mengajak semua masyarakat berjuang menaklukan ancaman dan tantangan yang ada.

“Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19, serta kelangkaan sumber daya harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali merdeka, tetap merdeka,” ajak Mensos Tri Rismaharini dalam amanat yang dibacakan Wali Kota Malang.

Pada acara ini, digelar juga tali asih kepada tiga organisasi kepahlawanan, yakni Legiun Veteran RI (LVRI), Dewan Harian Cabang – Badan Pembudayaan Kejuangan – 45 (DHC-BPK-45), dan Dewan Pimpinan Cabang-Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (DPC-PEPABRI), serta petugas pembaca peean pahlawan.

Selain itu, disampaikan pengumuman hasil penilaian Lomba Kampung Bersinar 2022. Juara pertama diraih oleh RW 8 Kelurahan Lesanpuro, juara kedua diraih oleh RW 3 Kelurahan Sukun, dan juara ketiga adalah RW 13 Kelurahan Pandanwangi. Wali Kota Malang juga menyerahkan penghargaan untuk Progran Kampung Iklim Kategori Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup, yakni RW 7 Kelurahan Lesanpuro dan RW 5 Kelurahan Arjowinangun. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content